Atasi Kekeringan Bupati Mesuji Blusukan ke Lahan Sawah

0
3
views

kekeringan-sawah1Kekeringan yang melanda areal persawahan yang ada di Kabupaten Mesuji membuat Pemerintah Daerah harus bekerja ekstra untuk mengatasinya. Pada hari Senin sore tanggal 27 Juli 2015, Bapak Bupati Mesuji H. Khamamik, S.H bersama rombongan mengecek langsung operasional penggunaan 2 mesin pompa air (blower) ukuran 6 inch yang digerakkan dengan mesin hand traktor untuk menyedot air dari sumber air ( dam parit/sungai yang dibendung manual oleh petani) ke lahan sawah milik petani.

kekeringan-sawah2Dalam kunjungannya, bapak Bupati mengatakan bahwa desa Wira Bangun dan Bangun Mulyo merupakan lumbung pangan untuk Kecamatan Simpang Pematang sehingga harus dipertahankan lahan pertanian tanaman pangannya. Bapak Bupati merespon semua masalah yang dihadapi petani seperti pembuatan jalan usahatani, pencucian sungai alam dengan alat berat karena sejak jaman transmigrasi hingga sekarang belum pernah dilakukan pencucian dan pembuatan tanggul sungai alam, pembuatan dan perbaikan saluran cacing lahan sawah dengan menggunakan eksavator mini, hingga bantuan cangkul, hand sprayer, sepatu boot dan bibit tanaman sayur-sayuran.

kekeringan-sawah3Dalam kesempatan itu Bapak Bupati juga menyerahkan bantuan uang untuk pembelian BBM solar kepada kelompok tani desa Wira Bangun dan Bangun Mulyo. Selain itu penambahan satu unit blower ukuran 10 inch untuk mengairi sawah kedua desa tersebut seluas 274 hektare. Kegiatan pemasangan blower yang baru dan pendistribusian air ke lahan sawah milik petani yang kekeringan dilakukan hingga malam hari.

Para petani yang tergabung dalam kelompok tani merasa gembira dan beterimakasih banyak atas bantuan yang diberikan Pemerintah Daerah Kabupaten Mesuji sehingga tanaman padi sawah yang berumur +/- 60 hari dapat berhasil panen sesuai dengan yang diharapkan. (Tri/ SP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here