Bahan olahan karet (bokar) di Gapoktan Tani Jaya Desa Suka Agung Way Serdang

0
40
views

Bahan Olahan Karet (Bokar)Dalam rangka mendorong peningkatan daya saing, terciptanya persaingan yang sehat, terjaminnya peralindungan konsumen dan masyarakat tani dalam aspek kesehatan keamanan dan keselamatan serta terjaganya kelestarian fungsi lingkungan khususnya di desa Suka Agung kecamatan Way Serdang kabupaten Mesuji, Gapoktan Tani Jaya yang diketuai oleh San Mukti mengajak anggotanya untuk melakukan bokar bersih.

Tujuan dilakukannya bokar bersih ini adalah untuk mendapatkan nilai jual yang tinggi dan untuk penyediaan bahan olah komoditi ekspor yang mempunyai spanduk mutu baik dan konsisten.

Bahan pembeku lateks yang digunakan dalam kegiatanĀ  bokar ini adalah Biorap dan Sintas 92% dan akan menghasilkan Bokar yang bersih dari kontaminan vulkanisat karetĀ  (tidak tercampur pupuk, tawas dsb), kontaminan ber-zat ( tidak tercampur pasir, tanah, lumpur dsb), kontaminan ringan (plastic, daun, ranting dsb).

Adapun spesifikasi persyaratan mutu Bokar yaitu:

  • Bokar tidak mengandung bahan pengotor berupa tanah, pasir, tatal, karet skrap dsb.
  • Bokar hanya dibekukan dengan asam semut atau bahan pembeku lain yang mendapat rekomendasi dari lembaga penelitian karet yang kredibel.
  • Bokar tidak direndam dalam air.
  • Penyimpanan Bokar tidak boleh terkena sinar matahari langsung dan diletakkan di atas lantai.
  • Ketebalan shet bahan 15-30cm

(susi N)