Bimbingan Teknis (BIMTEK) Tingkat Kecamatan Panca Jaya

0
2
views
Bimtek Kecamatan Panca Jaya

Panca Jaya (15/10/2015)— Dilaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) tingkat Kecamatan Panca Jaya berkaitan dengan program UPSUS PAJALE. Pelaksanaan Bimtek merupakan implementasi program kegiatan peningkatan kapasitas balai penyuluhan pertanian tingkat kecamatan panca Jaya Tahun 2015.

Kegiatan Bimtek di laksanakan selama 2 hari di Kantor BP3K Panca Jaya dengan melibatkan pengurus Gapoktan, Kelompok tani, Penyuluh Pertanian PNS, THL-TBPP, Petugas POPT, Penyuluh Swadaya dan Babinsa TNI AD dengan jumlah peserta sebanyak 15 orang. Narasumber kegiatan Bimtek tingkat Kecamatan Panca Jaya berasal dari BP4K Kabupaten Mesuji.

Adapun narasumber dan materi yang disajikan pada kegiatan bimtek adalah:

No Narasumber Materi Keterangan
1 DIANA, A.Md.

NIP. 196301151987031004

Budidaya Tanaman Kedelai KJF BP4K
2 JUNAIDI, A.Md.

NIP. 196206291988011001

Budidaya Tanaman Jagung KJF BP4K

Kegiatan Bimtek Pajale melalui kegiatan peningkatan kapasitas penyuluhan tingkat kecamatan (BP3K) Kecamatan Panca Jaya diharapkan dapat menjadi modal dasar petani dalam melaksanakan program UPSUS PAJALE pada tahun yang akan datang. Serta, dapat memberikan dampak nayata terhadap peningkatan produksi dalam rangka menyukses program nasional kedaulatan pangan.

Dari kegiatan Bimtek yang dilaksanakan terdapat beberapa masalah umum yang dihadapi oleh petani dalam melakukan budidaya usaha tani adalah sebagau berikut:

  1. Pemasaran hasil dari komoditi jagung dan kedelai
  2. Ketersediaan air yang ada di lahan usaha tani
  3. Sarana produksi belum memadai
  4. Pengendalian hama dan penyakit tanaman.

(Din/PJ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here