BP4K Mesuji Adakan Pelatihan Pembenihan Ikan di Way Serdang

    0
    3
    views

    Pelatihan Pembenihan Ikan Di Way serdangSalah satu upaya Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Mesuji untuk membantu petani ikan menjawab tantangan dari segi peningkatan ketrampilan petani adalah dengan mengadakan pelatihan  pembenihan ikan.

    “Tujuan utama pelatihan pembenihan ikan yakni memberdayakan masyarakat petani ikan di Kabupaten Mesuji dan meningkatkan produksi perbenihan ikan agar petani ikan yang tergabung dalam pokdakan ataupun gapokdakan dapat mandiri dalam hal penyediaan benih ikan” ujar drh. Sri Purwanti di Pancawarna kecamatan way serdang. Harapan kepala BP4K, pelatihan ini selain berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan ketrampilan petani juga dapat di gunakan untuk ajang silahturami dan tukar menukar informasi sesama petani ikan, baik selama berlangsungnya pelatihan ataupun pasca pelatihan.  

    Pelatihan pembenihan ikan itu sendiri di laksanakan pada tanggal 29-30 september bertempat di Aula BP3K Kecamatan Way Serdang. Pelatihan ini melibatkan 2 orang narasumber dan di ikuti oleh 30 peserta yang berasal dari anggota Kelompok Petani Ikan (Pokdakan) dan Gabungan Kelompok Petani Ikan (Gapokdakan) dari seluruh kecamatan di Kabupaten Mesuji.

    “Produksi benih ikan penting untuk di tingkatkan dengan tetap menjaga kualitas benih ikan itu sendiri, salah satu caranya yakni petani ikan perlu meningkatkan ketrampilan untuk melakukan swadaya produksi benih ikan sehingga kebutuhan akan benih dapat tercukupi” ujar  kepala BP4K drh. Sri Purwanti dalam sambutannya di acara pembukaan pelatihan benih ikan.

    Lebih lanjut, drh. Sri Purwanti pun menegaskan, petani yang dapat mencukupi kebutuhan benih ikannya sendiri, dapat membuka peluang bisnis baru sebagai suplier benih, sehingga tantangan seperti harga benih yang relatif mahal dan berasal dari luar mesuji dapat teratasi dengan adanya suplier baru yang berada di wilayah Mesuji.

     

     

     

     

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here