BPPSDM PERTANIAN MENYAPA DINAS PERTANIAN KAB. MESUJI

0
2
views

13 Februari 2020, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Menyapa Dinas Pertanian Mesuji melalui teleconference Agriculture Operational Room (AOR) Pusat Penyuluhan Pertanian (Pusluhtan), Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP). Teleconference ini dalam rangka pelaksanaan program komando strategi pembangunan pertanian (Kostratani).

Pada tahap awal, kegiatan Kostratani Kabupaten Mesuji dilakukan di 4 BPP, yang tersebar di 4 kecamatan yaitu Mesuji Timur, Tanjung Raya, Panca Jaya dan Simpang Pematang. Kostratani merupakan gerakan pembaharuan pembangunan pertanian kecamatan melalui optimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan pertanian.

Secara umum pelaksanaan teleconference berjalan dengan baik, komunikasi lancar antara sekretaris BPSDMP Dr. Ir Siti Munifah, M.Si. dengan Kostrada maupun Kostratani di beberapa Kabupaten. Untuk Kostrada Kabupaten Mesuji sebagai instansi penerima dana hibah kegiatan Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Project (IPDMIP), Sri Munifah berpesan agar penyerapan dana hibah untuk triwulan pertama tahun ini bisa mencapai 40% dari total anggaran yang ada dalam dokumen pelaksanaan anggaran.

Bidang penyuluh pertanian sebagai tim utama pelaksana kegiatan IPDMIP menilai kegiatan IPDMIP memberikan dampak luar biasa tidak hanya bagi petani tetapi bagi tim pelaksana karena dengan IPDMIP, TimĀ  dapat mengupgrade pengetahuan, keterampilan dan memperluasĀ  networking bersama stakeholder pembangunan pertanian ditingkat kabupaten, provinsi dan pusat. Melihat antusiasme penyuluh ditingkat BPP (BPP Simpang Pematang dan Rawajitu Utara sebagai daerah irigasi (DI) kesepakatan IPDMIP) kegiatan ini dapat mendorong para penyuluh pertanian untuk lebih dekat bersama petani,memacu peningkatan kapasitas dirinya sebagai inti dari agent of change pembangunan pertanian yang mampu mengelola pertanian yang ada di masyarakat sehingga tujuan dari IPDMIP yaitu peningkatan ketahanan pangan dan nilai pertanian secara berkelanjutan melalui peningkatan pendapatan dan produksi akan terwujud.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here