Budidaya Kedelai Di Lahan Rawa Sistem Rotasi Tanaman Desa Pangkal Mas Mulya

0
67
views

Tanaman KedelaiBapak Nasib Susanto adalah Ketua Kelompok Tani Suka Maju, Desa Pangkal Mas Mulya, Kecamatan Mesuji Timur.  Bapak Susanto melakukan rotasi di lahan sawah yang ia miliki, yaitu dengan menanam tanaman secara bergilir dengan tanaman padi, kemudian tanaman cabe, dan selanjutnya tanaman kedelai.  Dari sistem rotasi tersebut Pak Susanto dapat memanfaatkan lahan secara maksimal dan hasilnyapun sangat memuaskan.

Pada musim hujan lahan ditanam tanaman padi, setelah panen tanaman kemudian ditanam tanaman cabe, setelah cabe panen, lahan ditanam dengan kedelai.  Penanaman tanaman secara rotasi dapat memutuskan siklus hama atau penyakit yang ada dilapangan.  Seperti yang dilakukan Bapak Susanto menanam kedelai setelah menanam cabe, yaitu memutuskan siklus penyakit cabe, yaitu patah ranting, busuk buah, dan patek.

Varietas kedelai yang ditanam adalah varietas slamet, jarak tanam 40 cm x 20 cm, penanaman secara tugal  2 buah perlubang. Pada umur 2 minggu, 4 minggu dan 6 minggu tanaman kedelai terserang ulat daun, kemudian tanaaman disemprot dengan pestisida. Tanaman kedelai tersebut tidak diberi pupuk tetapi pertumbuhan kedelai baik, hal tersebut mungkin disebabkan masih ada sisa-sisa pupuk tanaman cabe.

Panen dilakukan 90 hari setelah Tanam, 0,5 Ha lahan yang ditanami kedelai menghasilkan kedelai 7 kwintal.  Kedelai di jual di wilayah Mesuji Timur, dengan harga Rp 11.000 /kg.

Setelah kedelai di panen, lahan ditanami tanaman padi, dan pertumbuhan tanaman padi sangat baik, karena lahan bekas ditanami tanaman kedelai sangat kaya akan unsur hara N, sehingga menanam lahan dengan sistem rotasi sangat menguntungkan. (Bambang R & Isyani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here