Budidaya Ubi Cilembu Dengan Media Tanam Karung Bekas

0
267
views

Ubi Cilembu merupakan salah satu varietas ubi rambat yang berkembang di Indonesia. Secara umum ubi cilembu  biasa hidup diwilayah Jawa Barat yang berudara sejuk. Tetapi dengan inovasi Bambang TW yang merupakan ketua Gapoktan Bangun Makmur Desa Wira Bangun Kecamatan Simpang Pematang berusaha mengembangkan ubi Cilembu diwilayah yang bersuhu panas seperti di Mesuji ini.  Cara budidaya yang dilakukan adalah :

Persiapan  tanam :

Sebelum  melakukan budidaya yang perlu disiapkan adalah karung yang digunakan untuk wadah media. Adapun formulasi media tanam yang digunakan adalah :

  • Pupuk kandang            1 bagian
  • Tanah                          1 bagian
  • Sekam padi                 2 bagian

Semua media di campur secara merata kemudian di masukan dalam karung sebanyak dua pertiga bagian dari isi karung selanjutnya sisa karung bisa di lipat keluar untuk menegakkan karung.

Pemilihan bibit

Untuk pemilihan bibit bisa di pilih dari  batang yang sudah keluar akarnya di potong sepanjang 30-40 cm. Jika belum memiliki tanaman yang siap untuk bibit bisa melakukan pendederan ubi terlebih dahulu setelah siap baur di gunakan sebagai bibit.

Penanaman

Setelah bibit siap dan media siap bisa di lakukan  penanaman dengan cara dua perempat dari panjang bibit masuk ke dalam media tanam satu pertiga di atas media tanam.

Setelah penanaman karung bisa diletakkan di tempat yang tidak ternaungi dan mendapatakan sinar matahari langsung.  Untuk penanaman bisa dilakukan kapan saja tidak tergantung musim.

Perawatan

Dalam budidaya ubi cilembu dalam karung ini sangat minim sekali perawatan yang bisa dilakukan adalah penyiangan gulma jika ada dalam tanaman, selanjutnya pembalikan batang yang menjalar ke tanah untuk mengoptimalkan besarnya ubi. Jika di tanam pada musim kemarau bisa dilakukan penyiraman jika tanaman kekurangan air.

Pemanenan

Pemanenan bisa di lakukan setelah umur tanaman 4-5 bulan. Diperkirakan hasil ubi sudah mencapai 5-7 kg perkarung. Pemanenam bisa dilakukan dengan cara di bongkar ataupun di cabut. Bekas dari media bida dilakukan lagi untuk media tanam berikutnya dengan penambahan pupuk kandang, tanah, dan sekam padi.

Pasca Panen

Untuk pengolahan hasil ubi cilembu bisa di simpan dengan cara ubi di panggang terlebih dahulu.

Demikian secara sederhana inofasi yang dilakukan Bambang TW dalam budidaya ubi cilembu dengan memanfaatkan karung bekas sebagai media tanam. Semoga menambah pengetahuan dan bisa digunakan untuk rujukkan dalam budidaya ubi cilembu dipekarangan sekitar rumah. (Ari Wiadianingsih, S.P.)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here