Budidaya Ubikayu Dengan Teknik Sambung

0
69
views

Pak Suyan adalah anggota kelompoktani Sido Makmur Desa Tanjung Menang Raya, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji. PakSuyan memanfaatkan pekarangan rumahnya dengan menanam ubikayu  sambung sistem mukibat.  Lahan yang sempit, tetapi dapat menghasilkan hasil yang banyak. Melihat hal tersebut masyarakat disekitar tertarik dan belajar pembatan ubikayu sambung kepada pak Suyam.

Ubikayu sambungan adalah menyambungkan dua jenis varietas, disiapkan batang atas ketela karet  dan batang bawah (varietas unggul maupun unggul lokal) yang berdiameter sama, tidak terlalu muda maupun tua (Gambar a). Cara membuat bibit sambungan itu, batang ubikayu bawah sepanjang 1,5 meter dipotong miring. Batang ubikayu karet sepanjang 10–15 cm juga dipotong miring searah. Kedua potongan batang ubikayu ini disambungkan dengan memberi lidi pada tenggah (gabus) kedua ubikayu dan selanjutnya diikat kuat dengan plastik. Bahan untuk bibit yang sudah disiapkan hendaknya ditaruh di tempat yang teduh agar getahnya tidak mengering. Waktu yang tepat untuk penyambungan adalah pada musim kemarau pada bulan Agustus – September karena getahnya kental sehingga memudahkan proses penyambungan dan tingkat keberhasilannya tinggi. Bila penyambungan dilakukan pada musim hujan, getahnya encer sehingga menghambat proses penyambungan.

Penyemaian membutuhkan waktu setengah bulan hingga daun-daunnya mulai keluar yang menandakan penyambungan berhasil dan bibit siap tanam.

“>Budidaya Singkong sambung

Gambar 1. (a) Bibit sambungan baru, (b) bibit Randan 1 (tahun ke-2), (c) bibit Randan 2 (tahun ke-3)

Ubikayu sambung yang sudah di panen dapat ditanam kembali yang disebut dengan bibit Randan. Penggunaan bibit Randan dapat diulang 3 – 4 kali sehingga disebut Randan-1 (pengulangan pertama), Randan 2 (pengulangan kedua) begitu seterusnya (Gambar 1). Atas dasar pengalaman petani hasil umbi yang terbaik adalah dari bibit Randan-1 dan Randan-2.

Cara penyiapan bibit Randan adalah dengan memotong sedikit bagian pangkal batang tempat kedudukan umbi dan memotong batang atas yang disisakan 4 – 5 mata tunas. Keuntungan  penggunaan bibit Randan adalah: (1)Sambungan sudah kuat, tidak mudah patah; (2) Cepat bertunas; (3) Produksi lebih tinggi daripada sambungan baru; (4) Pertumbuhan tanaman lebih kokoh; (5) Tidak memerlukan biaya penyambungan. Slamat Mencoba……

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here