DEMPLOT BUDIDAYA JAHE MERAH BPP WAY SERDANG

0
57
views
Ilustrasi Demplot Jahe BPP Way Serdang

Pemerintah Kabupaten Mesuji, mendorong petani untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan budidaya dan pengelolaan usaha tani dengan memanfaatkan lahan usahataninya secara produktif. Di masa pandemi ini, budidaya jahe merah merupakan usaha tani menggiurkan karena permintaan produk jahe merah meningkat tajam yang berbanding lurus dengan tingginya harga jahe merah di pasaran. Inilah peluang yang dimanfaatkan oleh para petani di Way Serdang. Banyak petani di way serdang mulai membudidayakan jahe merah, namun demikian teknologi terapan dalam budidaya jahe merah petani masih kurang memuaskan terutama dalam penanganan penyakit pada jahe merah yang membutuhkan biaya besar dan berdampak ekologi tinggi.

Untuk mengatasi hal tersebut, Dinas Pertanian melalui Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Way Serdang melakukan transfer teknologi budidaya jahe merah efisien dan menguntungkan kepada Petani di wilayah kerja BPP Way Serdang melalui kegiatan Demontrasi Plot Budidaya Jahe Merah.

Demplot ( Demonstrasi Plot ) merupakan wahana penyuluhan pertanian yang sangat efektif dan efisien, karena dengan cara demplot ini petani beserta kelompoknya dapat mengamati proses budidaya jahe merah secara langsung. Demplot ini bertujuan untuk memberikan informasi dan tata cara budidaya jahe merah dengan teknologi pertanian terapan yang menguntungkan kepada kelompok tani maupun gabungan kelompok tani terutama kelompok tani binaan penyuluh yang berada disekitar lokasi kegiatan.

Diharapkan dengan adanya kegiatan demplot ini, bisa memberikan motivasi petani agar mau melaksanakan kegiatan budidaya dengan menerapkan teknologi yang diusahakan pada lahan demplot BPP Way Serdang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here