Demplot Penggunaan Kapur Pertanian Desa Suka Maju

0
16
views
demplot kaptan mesuji bp4k

(Suka Maju, 24 agustus 2016) Kepala Bidang Programa, Teknologi dan Informasi Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Mesuji di dampingi staf PPL setempat Iwan Santoso, melakukan Monitoring dan evaluasi kegiatan demonstrasi ploting atau lebih dikenal dengan istilah demplot di desa suka maju kecamatan Mesuji. lokasi demplot berada di lahan milik bapak joko sutrisno anggota kelompok tani ingin maju seluas 1 Ha dan Varietas yang ditanam adalah inpara 3. Kapur pertanian yang di gunakan sebanyak 1 ton di tebar saat pengolahan lahan.

Sebagaimana diketahui Kaptan atau kapur pertanian, adalah kondisioner tanah untuk menurunkan derajat keasaman yang terbuat dari batuan kapur telah diolah atau dihancurkan terlebih dahulu menjadi debu. Cara kerja kapur pertanian adalah dengan melarutkan serta melepaskan zat-nya yang menurunkan keasaman tanah. Kapur pertanian juga memberi keuntungan yang lain bagi petani, termasuk meningkatkan efisiensi penggunaan pupuk hingga 50%

Lahan padi sawah yang di tinjau berumur 69 hari menggunakan sistem tanam jajar legowo 2 : 1. Saat kunjungan pertumbuhan tanaman padi tampak bagus di tunjang dengan pengairan pada lahan sawah yang baik pula. Adapun sistem tanam padi jajar legowo adalah suatu sistem penanaman padi dengan mengatur jarak tanam, penerapan sistem jajar legowo telah terbukti dapat meningkatkan hasil produksi padi di bandingkan dengan penggunaan sistem tradisional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here