Demplot Tanaman Jagung Desa TirtaLaga

0
13
views

Penerapan teknologi budi daya jagung oleh petaniumumnya  masih  parsial,  dan  anjuran  teknologidigeneralisasi di seluruh agroekosistem. Memadukansejumlah komponen teknologi sesuai dengan kondisilingkungan  tumbuh  tanaman  diharapkan  dapatmeningkatkan  produktivitas,  efisiensi  produksi,  danpendapatan usahatani jagung. Peningkatan produkivitasdan pendapatan petani diharapkan menjadi titik ungkit bagi upaya pengembangan jagung.

Demplot atau Demontrasi Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemonstrasikan. Demplot bisa berupa inovasi teknologi budidaya, varietas unggul baru, pemupukan dan lain-lain yang disesuaikan dengan demografi wilayah tersebut.

Dalam kegiatan inovasi teknologi BPP Kecamatan dalam upaya mendukung UPSUS, salah kegiatannya adalah pelaksanaan demplot di lokasi sekolah lapang (SL). Pelaksanaan demplot yang dilaksanakan di desa Tirtalaga adalah demplot tanaman jagung. Konsep demplot yang dilaksanakan adalah dengan pendekatan PTT. Budi  daya  jagung  dengan  pendekatan  PTT diharapkan  mampu  meningkatkan produktivitas  dan pendapatan. Pendekatan PTT dalam budi daya jagung yang menekankan pada pengelolaan tanaman, lahan, air dan organisme pengganggu  tanaman  secara  terpadu  dengan mempertimbangkan    hubungan sinergis    dan komplementer antar komponen teknologi dan sumberdaya setempat.

Berdasarkan identfikasi permasalahan yang ada dilapangan, bahwa rakitan teknologi anjuran yang dilaksanakan dalam kegiatan demplot adalah fokus pada penggunaan benih unggul dan pemupukan berimbang.

Pelaksana demplot atau demonstrator adalah Sugino, anggota Kelompok Tani Sido Maju dengan luasan 0,5 Ha. rakitan teknologi yang digunakan dalam demplot adalah Benih jagung BISI 226 dengan pemupukan NPK 250-300 kg/ha dan Urea 100 kg/ha dan penanaman dengan jarak tanam 65 cm x 25 cm.

Dengan kegiatan demplot yang dilaksanakan, petani dapat langsung melihat dan mempraktikkan inovasi teknologi anjuran, sehingga diharapkan terjadinya perubahan pengetahuan, sikap dan keterampilan petani dalam pelaksanaan budiadaya. Selain itu, dengan kegiatan demplot tersebut dapat meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman jagung di desa Tirtalaga.

Kontributor: Muaddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here