Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji bersinergi dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung

0
122
views

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji menyelenggarakan Sosialisasi  dan Verifikasi Peserta Asuransi  Usaha Ternak Sapi/Kerbau di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji, Senin (15/06).

Kegiatan ini bertujuan menginventarisasi data peternak mendukung kartu petani berjaya. Kartu Petani Berjaya merupakan program Gubernur Lampung yang menghubungkan semua kepentingan pertanian dengan tujuan mencapai kesejahteraan petani dan semua pihak yang terlibat dalam proses pertanian secara bersama-sama  mulai dari petani, supplier, distributor, perbankan, konsumen dan pemerintah.

Sejalan dengan Kartu Petani Berjaya, Kementerian Pertanian juga meluncurkan Sistem Informasi Unit Pengolahan Hasil Peternakan Indonesia atau disingkat dengan Si UPIn. Aplikasi ini bertujuan untuk mendigitalisasi data dan informasi terkait usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) khususnya Unit Pengolahan Hasil (UPH) yang bergerak dibidang pengolahan hasil peternakan. Dengan aplikasi berbasis online ini, semua data dapat masuk. Jadi dengan mudah, kita dapat mengetahui produk-produk pengolahan hasil peternakan di seluruh Lampung, terutama usaha kecil menengah,” kata Kepala Bidang Usaha dan Pasca Panen Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung Abdul Salam Nasrudin.

Aplikasi Si UPIn ini ungkap Salam, tidak sebatas data dan informasi biasa, melainkan dapat menjadi acuan bagi organisasi perangkat daerah yang membidangi peternakan dalam menyusun strategi dan program pembangunan peternakan di daerahnya masing-masing.

Dengan data yang lengkap, terbarukan, akurat dan dapat diakses oleh siapa saja dan kapan saja diharapkan menjembatani peternak, UPH peternakan, dunia usaha dalam menjalin kerjasama yang saling menguntungkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here