Dinas Pertanian Lakukan Ubinan Padi Bersama BPS Mesuji

0
65
views

Ketersediaan data produktivitas merupakan salah satu instrumen kunci dalam perencanaan dan evaluasi kebijakan pemerintah untuk meningkatkan produksi beras nasional. Ubinan adalah metode pengumpulan data produktivitas tanaman pangan yang dilakukan dengan pengukuran langsung di lapangan pada plot ubinan pada waktu petani panen. Survei ubinan ini dilakukan setiap subround (caturwulan/empat bulanan) dengan komoditas ubinan yaitu padi dan palawija.

Dalam perhitungan produksi padi salah satu informasi yang penting adalah hasil per hektar (produktivitas) yang dikumpulkan secara rutin setiap subround melalui Survei Ubinan.

Kepala Dinas Pertanian Mesuji, Pariman, SP., MM didampingi Kepala Bidang Tanaman Pangan Halwan Istianto, SP., M.Sc  bersama Badan Pusat Statistik Kabupaten Mesuji melakukan ubinan di lahan sawah milik petani  di Desa Mulya Sari Kecamatan Mesuji dengan varietas padi inpari 32 siap panen.

Ubinan merupakan cara untuk melihat perkiraan hasil panen tanaman padi atau palawija melalui titik sampel dengan cara diukur dengan ukuran 2,5 x 2,5 m² yang kemudian hasilnya diukur dan ditimbang.

Hasil ubinan inilah yang dijadikan dasar dalam penentuan produksi padi dalam 1 Ha. Tujuan dari pengambilan sampel ubinan ini adalah untuk mengetahui perkiraan produktivitas tanaman padi dalam luasan 1 Ha.

Dari hasil ubinan diperoleh rata-rata hasil pengukuran 4,82 kilogram gabah kering panen (gkp) dari luasan petak ubinan 2,5 x 2,5 meter.  Bila dikonversi, maka diperoleh hasil produktivitas padi varietas inpari 32 di lahan tersebut adalah 7699,68 kg/hektar.

Hasil dari ubinan inilah yang menjadi dasar BPS dalam menghitung produksi padi. Namun, angka ubinan hari ini belum bisa ditetapkan sebagai rerata produktivitas padi untuk wilayah Mulya Sari apalagi Kabupaten Mesuji. Sebab untuk menetapkan angka produksi, BPS akan melakukan beberapa kali proses ubinan di titik sampel ubinan pada setiap subround.(z)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here