DPR RI memberi solusi disaat harga singkong anjlok

0
64
views

(15/10/2021), Komisi IV DPR RI dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Lampung Kementerian Pertanian menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis Komoditas Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Bimbingan teknis bagi petani ini dilaksanakan di Desa Budi Aji Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung dan dibuka oleh Anggota Komisi IV DPR RI  Fraksi Partai Gerindra, Ir. Dwita Ria Gunadi

Dwita menuturkan produktivitas komoditas tanaman pangan terutama singkong, salah satu komoditas primadona lampung, wajib ditingkatkan agar petani terangkat kesejahteraannya.

“Berikan mereka solusi disaat harga singkong anjlok dengan meningkatkan nilai tambah singkong  dan menambah harga jual  melalui pengolahan singkong menjadi tepung mocaf,” ujar Dwita.

“Tepung mocaf memiliki karakteristik mirip tepung terigu sehingga dapat digunakan sebagai alternatif pengganti tepung terigu. Kami (DPR RI) sebagai mitra pemerintah mendorong pemerintah merancang aturan memperluas penggunaan tepung mocaf dalam industri pengolahan makanan berbasis tepung,”  lanjut Dwita.

“Bimtek ini adalah program aspirasi anggota DPR untuk menjawab berbagai persoalan yang dihadapi oleh petani khususnya petani singkong dan serap ilmu sebanyak-banyaknya dalam bimtek ini,” tambah Dwita.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji, Pariman, SP.,MM,  Asisten II Bupati Mesuji Beddi, SH., MH, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung, Dr. Drs. Jekvy Hendra, M.Si dan narasumber dari BPTP, Dr. Ir. Robert Asnawi, M.Si.

Pariman memaparkan bahwa peluang peningkatan produksi dan produktifitas masih sangat memungkinkan dengan penerapan teknologi yang efisien sesuai lokalita masing-masing daerah.

“Dengan bimtek  ini, petani dibekali dengan teknologi teknologi on-farm dan off  farm dengan harapan kualitas  dan produktivitas singkong dapat meningkat dan kesejahteraan petani dapat terangkat,” ujar Pariman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here