Dua Pokdakan Panca Jaya Ikuti Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan

0
227
views

Brabasan – Penyediaan pakan ikan yang cukup merupakan salah faktor satu yang menentukan keberhasilan dalam budidaya pembesaran ikan.  Bagi sebagian pembudidaya ikan, masalah pakan adalah penyebab utama para pembudidaya enggan melakukan budidaya, mengingat saat ini pakan dengan kandungan protein tinggi harganya cukup mahal. Sehingga, untuk melakukan budidaya  pembesaran membutuhkan modal yang besar.

Melihat kondisi yang dihadapi pembudidaya tersebut sejak tahun 2015 sampai dengan sekarang, Pemerintah Kabupaten Mesuji melalui Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Mesuji telah memberikanan bantuan mesin pencetak pakan vertical di Kecamatan Panca Jaya yakni di Desa Fajar Baru Pokdakan Kreatif Tahun Anggaran 2015 dan di Desa Adi Luhur Pokdakan Maju Jaya Tahun Anggaran 2016.

latihan_pakan_1Pada hari rabu, 23 Nopember 2016 bertempat di Balai Benih Ikan (BBI) Brabasan dilaksanakan pelatihan pembuatan pakan ikan yang diikuti oleh pokdakan-pokdakan penerima bantuan mesin pencetak pakan. Dari Kecamatan Panca Jaya di ikuti oleh Pokdakan Kreatif dan Pokdakan Maju Jaya. Tujuan utama dari pelatihan adalah untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan para pembudidaya ikan dalam mengoperasikan mesin serta membuat formulasi pakan sesuai dengan kebutuhan protein dalam pembesaran ikan.

Dalam arahannya Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Mesuji, Syawal menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Mesuji sangat konsen dalam pengembangan budidaya perikanan, oleh karena itu para pengurus pokdakan diharapkan dapat terus meningkatkan motivasinya dalam berbudidaya ikan, dan diharapkan dapat bermunculannya produk-produk unggulan berbasis perikanan dari pokdakan-pokdakan yang ada di Kabupaten Mesuji.

latihan_pakan_2Diakhir kegiatan peserta pelatihan melakukan praktik langsung mengoperasikan mesin serta membuat  pakan ikan dengan bahan baku yang telah disediakan oleh panitia berupa tepung ikan dan dedak dengan  menggunakan mesin pencetak pakan vertical milik Dinas Kelautan Perikananan dan Peternakan Kabupaten Mesuji (Din/PJ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here