FORUM BERBAGI PENGALAMAN PETANI SIMPANG PEMATANG

0
48
views

Sebagai ujung tombak sektor pertanian, bidang penyuluhan pertanian Kabupaten Mesuji terus mengembangkan berbagai metodologi penyuluhan agar pengetahuan dan keterampilan petani bertambah. Salah satunya dengan Forum Berbagi Pengalaman Antar Petani. Dengan kegiatan ini, petani dan penyuluh bisa berbagi informasi mengenai teknologi pertanian yang direkomendasikan dan diterapkan oleh petani yang melaksanakan Sekolah Lapangan.

Kegiatan ini merupakan salah satu metode penyuluhan dalam rangka memfasilitasi proses pembelajaran di antara petani, termasuk perluasan jangkauan penyuluhan kepada petani lain. Kegiatan ini dapat dilakukan dalam bentuk diskusi dan berbagi pengalaman antar petani peserta Sekolah Lapangan (SL) dan petani lain yang tidak menjadi peserta Sekolah Lapangan. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong percepatan proses adopsi teknologi di antara petani.

Forum Berbagi Pengalaman Antar Petani berlangsung 20 September 2021, di Desa  Jaya Sakti dan Bangun Mulyo Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji Lampung.

PPL Desa Bangun Mulyo, Tri Mahono, SP didampingi petugas POPT dan penyuluh swadaya, mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 50 orang petani, terdiri dari 25 orang petani yang mengikuti SL dan perwakilan dari poktan yang ada di Desa Bangun Mulyo yang belum berkesempatan mengikuti kegiatan Sekolah Lapangan (SL) Program IPDMIP.

“Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan wawasan dan pengalaman serta mendorong percepatan dan perluasan proses adopsi teknologi di antara petani dan sekaligus membangun keakraban di antara petani”, tambah Tri Mahono

Perwakilan Petani Peserta SL, Suparlan, saat sesi berbagi pengalaman kepada para petani peserta menjelaskan bahwa pembiayaan usahatani melalui kredit usaha rakyat (KUR) untuk petani sangat mudah dan tidak memerlukan agunan serta waktu yang singkat dalam proses pencairannya.

“Selain itu, dengan bunga rendah dan pembayaran yang fleksibel dimana petani dapat mencicil angsuran setiap bulannya atau dibayar ketika panen padi. Dengan sistem KUR seperti ini dapat membantu petani yang membutuhkan modal untuk membeli bibit, pupuk, obat-obatan dan biaya lainnya,” tuturnya.

Sementara itu Pengelola Kegiatan IPDMIP Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji, Zaenudin menjelaskan bahwa di BPP Kecamatan Simpang Pematang terdapat 3 Desa lokasi Program IPDMIP, terdiri dari Desa Jaya Sakti, Wira Bangun dan Bangun Mulyo yang termasuk dalam kawasan Daerah Irigasi kewenangan kabupaten.

“Alhamdulillah, kegiatan SL dan Berbagi Pengalaman Antara Petani Program IPDMIP, telah banyak dirasakan manfaatnya, baik oleh petani maupun para penyuluh, khususnya dalam rangka percepatan proses diseminasi informasi teknologi pertanian kepada petani yang merupakan salah satu Indikator Kinerja Penyuluh,” tuturnya.

Melalui Forum Berbagi Pengalaman Antar Petani, diharapkan semakin banyak petani yang tertarik untuk mengakses pembiayaan KUR  untuk mempermudah aktivitas usahataninya sehingga produktivitas komoditas pertanian terutama padi di Kecamatan Simpang Pematang meningkat secara signifikan.

https://youtu.be/Af2llY7xOsE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here