Kegiatan Kursus Tani Di Desa Fajar Baru

0
94
views
Kursus Tani Pembuatan POC

Dalam rangkaiana kegiatan pengawalan dan pendampingan di sentra Pajale (padi, jagung dan kedelai) Desa Fajar Baru diadakan kegiatan kursus tani di 2 kelompok tani yakni kelompok tani Sido Makmur dan Sumber Indah pada hari senin dan selasa tanggal 10-11 agustus 2015. Kegiatan kursus tani ditujukan untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh petani padi sawah di Desa Fajar Baru terutama menghadapi permasalahan tentang ketersediaan pupuk pada saat musim tanam tiba. Materi yang disampaikan dalam kegiatan kursus tani adalah tentang pembuatan pupuk organic cair dari urine kambing dan kotoran sapi segar.

Kegiatan kursus tani difasilitasi oleh penyuluh pertanian wilayah binaan bersangkutan, dengan memanfaatkan bahan dan media yang telah disiapkan para kontak tani dan anggota kelompok tani terlibat langsung dalam kegiatan praktik pembuatan pupuk organic cair. Bahan dan media yang digunakan dalam pembuatan pupuk organic cair (POC) adalah EM4, urine kambing, air cucian beras, bonggol pisang, gula dan ember ukuran 20 L sebagai reaktor.

Kursus Tani di Poktan Sumber IndahDiharapkan dengan kegiatan kursus tani, para petani mampu untuk memanfaatkan limbah organic di lingkungan sekitar untuk dapat dimanfaaatkan kembali sebagai pupuk organic cair. Sehingga dalam menghadapi ketersediaan pupuk yang tidak menentu, petani sudah siap. Penggunaan pupuk sintetis (kimia) secara berkesinambungan tidak baik bagi kesuburan tanah. Karena kesuburan tanah tidak hanya tergantung pada unsur hara makro saja, melainkan unsur mikro dan mikrobiologi tanah. Dengan kegiatan kursus tani diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan petani tentang konsep pemupukan seimbang, sehingga petani akan lebih bijak dalam melakukan pemupukan pada lahan budidaya yang mereka usahakan. (Din/PJ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here