KELOMPOK TANI SIMPANG PEMATANG DIAJARKAN CARA KELOLA KEUANGAN

0
2
views
Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan

Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Simpang Pematang di Kabupaten Mesuji, Lampung, menjadi pelaksana Pelatihan Literasi Edukasi dan Keuangan (PLEK) bagi ketua kelompok tani, 7-10 September 2020. Sebanyak 6 ketua kelompok tani beserta istri, mengikuti kegiatan PLEK yang dilaksanakan berkat kerjasama Pusat Penyuluhan Pertanian Kementerian Pertanian dan  Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji.

Kegiatan PLEK merupakan bagian dari penguatan kapasitas SDM pertanian di wilayah sasaran kegiatan pengembangan dan pengelolaan irigasi partisipatif dan terpadu.  Dibimbing para penyuluh yang telah mengikuti PLEK di BPP Simpang Pematang  secara online dengan mengacu pada materi pengelolaan keuangan rumah tangga,  pengelolaan keuangan usaha tani, dan pengetahuan tentang produk dan layanan jasa keuangan.

Untuk membangun pertanian diperlukan  sumber daya manusia yang handal Karena sumber daya manusia adalah pengungkit terbesar dalam produktivitas . Pengetahuan, kemampuan, keterampilan, dan juga kompetensi SDM pertanian harus ditingkatkan terlebih dahulu, yaitu petani, penyuluh, poktan dan juga gapoktan. Salah satunya dengan PLEK ini.

Antusiasme mewarnai pelaksanaan Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan (PLEK) di Desa Simpang Mesuji, Kecamatan Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji.

Salah seorang peserta, Suripto, dari Kelompok Tani Sumber Jaya, Desa Jaya Sakti, mengaku mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan ini. “Ada tambahan ilmu untuk saya. Sekarang kita belajar merencanakan usaha tani,belajar mengelola pemasukan dan pengeluaran sehingga kita bisa mengetahui apakah hasil usaha tani kita untung atau rugi,” katanya.(zae)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here