KICK OFF PERTEMUAN BULANAN PENYULUHAN 2021

0
10
views

Pertemuan Bulanan untuk mereview pelaksanaan penyuluhan di laksanakan pada hari kamis tanggal 16 September bertempat di kantor Ruang Pertemuan Balai Penyuluhan Pertanian Tanjung Raya yang di buka oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji yaitu Pariman, SP dan di hadiri Pejabat Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji, Koordinator Penyuluh Pertanian Kabupaten, Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan dan Penyuluh Pertanian Lapangan serta Konsultan IPDMIP.

Beberapa fokus utama yang disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji :

  1. Revitalisasi BPP

Pertemuan ditingkat BPP diperluas cakupannya tidak hanya untuk wilayah BPP Kewenangan IPDMIP namun untuk BPP lainnya dengan fasilitasi penganggaran tahun 2022.

2. Inovasi Daerah

Inovasi merupakan kunci untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, daya saing daerah, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Inovasi menjadi salah satu tool dalam mengakselerasi peningkatan daya saing Indonesia. Setiap elemen negara yang meliputi pemerintah, swasta, dan masyarakat sipil harus melakukan inovasi. Inovasi pada lingkungan instansi pemerintah meliputi antara lain kementerian, lembaga pemerintah non kementerian (LPNK), pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota sangat penting karena dapat mengakselerasi inovasi swasta dan masyarakat dalam meningkatkan pelayanan publik. Kualitas inovasi daerah dapat dibuatkan video penerapan inovasi di lapangan.

3. Sistem Manajemen Informasi Penyuluhan Pertanian

Kepala Dinas meminta penyuluh rutin mengupdate data petani ke Sistem Informasi Penyuluhan Pertanian (Simluhtan) yang dilengkapi Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai acuan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (eRDKK).  Data ini akan menjadi acuan Kementerian Pertanian RI dalam mengukur secara tepat jumlah petani dan alokasi pupuk bersubsidi pada tiap kelompok tani (Poktan).

Sementara,kasubbag umum dan kepegawaian sekretariat Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji, Muhajir, menyampaikan tentang My SAPK BKN untuk pegawai dinas pertanian khususnya penyuluh pertanian lapangan.

My SAPK BKN adalah sistem aplikasi pelayanan kepegawaian Badan Kepegawaian Negara yang berfungsi untuk memudahkan PNS di seluruh instansi, agar dapat mengakses data kepegawaian, di antaranya Data Profil PNS, KPE Virtual, Notifikasi Layanan Kenaikan Pangkat dan Pensiun, E-Lapkin, Data KTP, BPJS Kesehatan, Taspen dan lainnya. Sehingga diharapkan data kepegawaian secara nasional akan lebih akurat, tegas Muhajir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here