‘ KRUPUK ‘ PELUANG USAHA SAMPINGAN PETANI KARET DESA JAYA SAKTI

0
6
views
Pembuatan Krupuk

Menghadapi kemarau petani karet banyak yang mengeluh karena produksi getah karet yang dihasilkan menurun drastis, sehingga banyak petani karet yang putar otak bagaimana caranya untuk menambah penghasilan mereka untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Seperti yang dilakukan oleh petani karet desa Jaya Sakti Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji Bapak Nur Soleh yang kini memulai usaha sampingannya yaitu pembuatan kerupuk tapioka putih. Usaha yang dimulai sejak awal bulan Juli 2019 kemarin hingga saat ini berjalan lancar dan pesanan kerupuk kian bertambah. Meskipun baru berjalan dua bulan, usaha pembuatan kerupuk milik bapak Nur Soleh ini sudah menghabiskan 5kg bahan setiap harinya, dan dipasarkan di sekitaran desa Jaya Sakti dan Harapan Jaya, diharapkan dengan bertambahnya pesanan maka semakin banyak pula produksi yang dihasilkan. Bahan-bahan yang digunakan pada pembuatan kerupuk ini tidak menggunakan bahan pengawet hanya menggunakan bahan alami yang tersedia banyak di pasaran sehingga mudah didapatkan, yaitu Tepung Tapioka putih, Tepung Terigu, Bawang Putih dan Penyedap rasa.

Usaha kerupuk kerap dipandang sebelah mata oleh sebagian orang, karena hanya melihat dari skala kecil saja, jika produksi yang dihasilkan semakin banyak maka penghasilan juga akan bertambah. Apalagi jika dikemas dan dibentuk dengan baik,kerupuk bisa menjadi komoditi andalan, tiap-tiap daerah di Indonesia bisa mengembangkan rasa dan bentuk kerupuk sesuai dengan potensi daerah masing-masing. Karena kerupuk termasuk makanan khas Indonesia, banyak orang yang merasa tak nikmat makan jika tidak menggunakan kerupuk sebagai pelengkap, atau makan akan terasa lebih nikmat dengan tambahan kerupuk. Kerupuk menjadi salah satu makanan yang tidak boleh dilewatkan saat bersantap. Kerupuk memiliki rasa yang gurih dengan tekstur yang sangat renyah saat digigit mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai kerupuk.

Jenis-jenis dari kerupuk juga sangat beragam mulai dari kerupuk udang, ikan, rambak, singkong dan lainnya. Permintaan kerupuk di pasaran memang tergolong tinggi. Dimana kerupuk ini digandrungi banyak orang sehingga kebutuhan kerupuk sangat besar di tengah masyarakat. Tingginya peminat kerupuk membuat peluang usaha kerupuk ini perlu dilakukan. Peluang dalam bisnis kerupuk dapat dikatakan menjadi salah satu peluang bisnis yang menguntungkan. Dimana bisnis kerupuk yang telah ada sejak dahulu ini hingga kini masih saja berkembang sangat pesat. Kebutuhan kerupuk yang besar membuat menjalankan bisnis kerupuk menjadi pilihan yang menarik. Usaha pembuatan kerupuk ini tidak memerlukan keahlian khusus, hanya perlu ketelatenan dan keuletan. Banaimana, Anda tertarik untuk mencoba usaha kerupuk..?? (MBldin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here