Kunjungan Kerja Kepala BP4K Kabupaten Mesuji Di Kelompok Tani Suka Maju Desa Fajar Baru

0
2
views
Kunjungan Kerja Ka BP4K Mesuji Di Poktan Suka Maju

Kunjungan Kerja Ka BP4K Mesuji Di Poktan Suka MajuDalam rangkaian kunjungan kerja Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan (BP4K) Kabupaten Mesuji, Ibu drh. Sri Purwanti menyempatkan mengunjungi kelompok tani Suka Maju Desa Fajar Baru Kec. Panca Jaya pada hari rabu 28/01/2015. Pada kesempatan tersebut dihadiri kabid dan staf dari BP4K, PPL dan Pengurus Gapoktan.

Atas masukan dari pengurus Gapoktan, Kepala Badan langsung menuju rumah seorang petani maju di kelompok tani suka maju, yakni Bapak Sunardi. Sesaat memasuki pekarangan rumah pak nardi, ibu Kaban menyempatkan untuk melihat berbagai jenis tanaman di sekitar pekarangan; pembibibitan karet , budidaya tanaman genjer dan langsung melihat kolam pembesaran ikan. Ikan yang dibudidayakan pak Sunardi ini terdiri dari jenis ikan gurame, lele, dan patin.

Ka BP4K Berdiskusi Dengan Pengurus Poktan Suka MajuDalam penyampaiannya, ibu kepala Badan mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh pak sunardi. “ini pola pertanian integrasi, ini bagus pak. Kalau bisa disini bisa kita jadikan salah satu tempat latihan oleh petani dari daerah lain”, ungkapnya. Dalam perbincangan tersebut, masalah utama yang dihadapi oleh pak Sunardi saat ini adalah masalah harga karet yang menurun dan besarnya biaya untuk pembelian pakan ikan. Pak sunardi mengharapkan agar dinas instansi terkait dapat membantunya masalah pengadaan mesin pembuat pakan ikan (mesin pellet).

Di akhir diskusi, ibu Kepala BP4K berpesan agar para petani yang tergabung dalam kelompok tani dan Gapoktan agar terus meningkatkan partisipasinya. Karena dengan kita masuk ke dalam kelompok tani mempunyai manfaat yang besar. Selain itu, Ibu Kepala BP4K mengingatkan kepada PPL agar terus meningkatkan pendampingan dan fasilitasi terhadap kelompok-kelompok tani yang ada di wilayah binaan. Dengan harapan masalah-masalah petani yang bersifat teknis dapat segera terselesaikan. (Din)