KWT Melati Desa Adi Luhur Budidayakan Rumput Gajah

0
53
views
KWT Melati Budidayakan Rumput Gajah di Pekarangan

Untuk menciptakan suatu ekosistem pertanian terpadu yang mulai dilaksanakan dikelompok wanita tani ‘melati” desa adi luhur kecamatan panca jaya kabupaten Mesuji perlu dijaga keseimbangan ekosistemnya, baik dari tanaman budidaya, hewan ternak maupun perikanannya.

Dalam menunjang di sektor peternakannya khususnya ternak sapi maka KWT “Melati” membudidayakan tanaman rumput gajah.

Untuk membudidayakan rumput gajah sendiri tidaklah susah. Petani atau peternak hanya perlu menyiapkan tahapan-tahapan seperti berikut ini:

Pengolahan Tanah

Sebelum menanam rumput gajah langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengolah tanah yang dimulai dengan membersihkan lahan dari pohon-pohon, semak serta rumput belukar. Selanjutnya lakukan pembajakan untuk membuat tanah menjadi gembur. Setelah itu, perlu dibuat guludan yang telah disesuaikan dengan jenis rumput gajah yang akan ditanam.

Penanaman

Waktu terbaik untuk melakukan penanaman rumput gajah adalah ketika menjelang musim penghujan atau di akhir musim kemarau. Penanaman bibit rumput gajah bisa dilakukan melalui biji ataupun dengan perbanyakan secara vegetatif.

Cara yang umum diterapkan adalah dengan stek batang dan sobekan rumpun. Untuk menggunakan sobekan rumpun dapat diambil 3-4 akar rumpun yang ukurannya tidak terlalu kecil. Kemudian bibit ditanam dengan jarak ideal 30×50 cm.

Sementara jika menggunakan bibit dari batang/stek, maka terlebih dahulu harus dipilih umur batang yang cukup tua (sekitar 2 bulan) dengan jumlah mata ruas 2-3 buah. Jarak tanam yang dianjurkan adalah 30×30 cm dengan posisi batang ditancapkan miring 30˚ untuk mempermudah pertumbuhan akar.

Pemeliharaan

Pemeliharaan berkala dapat dilakukan dengan penyulaman, penyiangan dan merapikan rumpun yang tumbuh subur di luar jalur tanam. Pengairan dapat dilakukan sebelum pemupukan pada saat kondisi lahan terlalu kering.

Proses pemupukan susulan yang pertama bisa dilaksanakan ketika tanaman rumput gajah telah berusia sekitar 2-3 minggu. Pupuk yang digunakan berupa urea dan KCI dengan dosis sesuai anjuran. Pemupukan berikutnya adalah pada saat tanaman berusia 2-3 minggu dihitung dari waktu pemanenan.

Pemanenan

Rumput gajah dapat dipanen pada umur 40 hari atau sebelum rumput berbunga. Umumnya pada umur lebih dari 50 hari, rumput akan mulai berbunga dan mengeras batangnya, hal ini harus dihindari karena dapat menurunkan nilai gizi dari rumput yang akan dikonsumsi ternak. Pemotongan dilakukan pada ruas batang terbawah dengan menyisakan batang sepanjang 5-10 cm.

Seyogyanya semua petani dan peternak mulai berupaya untuk menanami lahan-lahan kosongnya dengan jenis-jenis rumput unggulan agar lahan tersebut menjadi lebih produktif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here