Latihan dan Kunjungan (LaKu) Tingkat Kecamatan Se-kabupaten Mesuji

    0
    161
    views

    Latihan dan Kunjungan(Mesuji-21/09/2013) Salah satu pendekatan pembangunan dilakukan dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai pelaku utama pembangunan pertanian yaitu petani, pekebun, dan peternak, beserta keluarga intinya. Peningkatan kualitas sumber daya Manusia tersebut diupayakan antara lain melalui penyuluhan pertanian.

    Sejak tahun 1976 penyuluhan pertanian menggunakan pendekatan latihan dan kunjungan (LAKU). Sistem tersebut ternyata sangat efektif dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan petani, sehingga pada tahun 1984 Indonesia mencapai swasembada beras.

    Pendekatan penyuluhan pertanian dengan cara memberikan pelayanan, nasehat dan pemecahan masalah usahatani petani, dipandang perlu system kerja LAKU diterapkan kembali dengan modifikasi sesuai kondisi dan kebijaksanaan ada. Beberapa aspek positif sistim kerja LAKU diantaranya yaitu; 1) penyuluh pertanian memiliki rencana kerja dalam setahun, 2) penyuluh pertanian mengunjungi petani secara teratur, terarah dan berkelanjutan, 3) penyuluhan dilaksanakan melalui pendekatan kelompok, 4) penyuluh pertanian cepat mengetahui masalah yang ada di petani dan cepat memecahkannya, 5) penyuluh pertanian secara teratur mendapat tambahan pengetahuan/ kecakapan, sikap dan keterampilan, dan 6) penyelenggaaan penyuluhan pertanian mendapatkan supervisi dan pengawasan yang teratur. Sebagaimana tertuang dalam Permentan No. 273/Kpts/OT.160/4/2007 Tentang Pedoman Pembinaan Kelembagaan Petani
    Penerapan sistem kerja LAKU diharapkan dapat meningkatkan motivasi penyuluh pertanian dalam melaksanakan fungsinya sebagai pendamping dan pembimbing petani, serta menggairahkan petani dalam melaksanakan kegiatan usahatani yang lebih baik, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatannya.

    Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Mesuji Telah memfasilitasi kegiatan Latihan dan Kunjungan (LAKU) di setiap Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan (BP3K) yang dilakukan secara terjadwal dengan memperhatikan kebutuhan masing-masing BP3K Kecamatan. Dalam kegiatan LAKU tersebut dibahas ekspose kegiatan BP4K, Laporan Kegiatan BP3K, Penyampaian Materi Latihan, dan Monitoring. Adapun Jadwal Latihan dan Kunjungan (LAKU) yang difasilitasi BP4K yang telah dilaksanakan:

    1. Rawajitu Utara (Rabu, 28/08/2013)
    2. Mesuji (Kamis, 29/08/2013)
    3. Mesuji Timur (Rabu, 11/09/2013)
    4. Tanjung Raya (Rabu, 12/09/2013
    5. Way serdang, (selasa 17/09/2013)
    6. Simpang Pematang, (Rabu, 18/09/2013)
    7. Panca Jaya (Kamis, 19/09/2013)

     

    laku2

     

    laku3

     

    laku4

     

    laku5

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here