Mengenal Tanaman Sayuran

0
118
views

Tidak hanya perkara bumi datar yang sering jadi perdebatan. Perihal bahan makanan tergolong buah atau sayuran pun sering memicu diskusi alot antar netizen. Banyak yang berpikir bahwa penggolongan sayur dan buah tergantung pada cara pengolahannya. Pendapat tersebut akan bertentangan dengan pendapat para ahli botani.

Untuk mengenal lebih dekat tentang SAYURAN, kita simak penjelasannya.

Tanaman sayuran merupakan suatu kelompok jenis tanaman hortikultura selain tanaman buah, tanaman obat dan tanaman perkebunan yang keseluruhan atau bagian dari daun, buah, umbi, akar, bunga dan batang dapat dikonsumsi.

Karakter umum dari sayuran sebagai berikut:

  • umumnya dipanen dari tanaman semusim;
  • tingkat ancaman kerusakan fisik dari sedang sampai tinggi;
  • kecepatan penurunan kesegaran dan kandungan nutrisinya dari sedang sampai tinggi;
  • tingkat ketahanan terhadap sengatan panas berbeda beda;
  • tingkat evapotranspirasi rendah sampai tinggi;
  • kepekaan terhadap suhu dan kelembaban dari sedang sampai tinggi;
  • kepekaan terhadap perubahan atmosfir sekeliling dari rendah sampai tinggi;
  • mudah terkontaminasi.

Produk segar sayuran dikelompokkan sebagai berikut:

Sayuran Buah

Sayuran buah merupakan kelompok tanaman sayuran yang buahnya dimanfaatkan/konsumsi sebagai sayur. Jenis sayuran buah, antara lain: tomat, cabe, ketimun, kacang panjang, buncis, melinjo, paprika, terung, dan labu siam. Karakter sayuran buah antara lain dapat dikonsumsi pada tingkat kematangan yang berbeda, mudah mengalami perubahan tekstur, dengan tingkat respirasi yang rendah sampai sedang.

Sayuran Bunga, Daun dan Batang

Sayuran bunga, daun dan batang merupakan tanaman sayuran yang bunga, daun dan batangnya dimanfaatkan/dikonsumsi sebagai sayur. Jenis sayuran bunga antara lain brokoli dan bunga kol. Jenis sayuran daun antara lain letus, kubis, seledri, bayam, sawi, kangkung, bawang daun. Jenis sayuran batang antara lain asparagus dan rebung bambu. Karakter dari sayuran bunga, daun dan batang ringkih/vulnerable, antara lain rentan terhadap perubahan suhu dan kelembaban, mudah layu, tingkat respirasi tinggi.

Sayuran umbi

Sayuran umbi merupakan tanaman sayuran yang umbinya dimanfaatkan/dikonsumsi sebagai sayur. Jenis sayuran umbi, antara lain: kentang, bawang merah, bawang putih, wortel dan lobak. Karakter sayuran umbi antara lain masih bertumbuh secara vegetatif setelah panen, bertekstur keras dan mempunyai umur simpan yang panjang.

Jamur

Jamur merupakan kelompok besar jasad hidup yang termasuk ke dalam dunia tumbuh-tumbuhan yang tidak memiliki pigmen hijau daun (klorofil), hidupnya saprofit dan dapat tumbuh pada media berupa jerami, serbuk kayu dan campuran serta dapat dijadikan sebagai sumber pangan. Jenis jamur yang dibudidayakan, terdiri dari jamur merang, jamur tiram dan jamur kuping. Karakter jamur antara lain rentan terhadap perubahan suhu, kelembaban dan warna, mudah rusak (perishable) dan kadar air tinggi.

Kontributor : Zai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here