MESUJI MENGIRIMKAN PESERTA PELATIHAN DASAR FASILITASI RANTAI NILAI IPDMIP

0
13
views

Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji mengirimkan 2 (dua) utusan untuk mengikuti Pelatihan Dasar Fasilitasi Rantai Nilai yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung bertempat di Hotel Bukit Randu Bandar Lampung (22/06/2021).

Kegiatan  yang dibuka oleh Sekretaris Dinas KPTH, Eko Dyah Purwaningsih, diikuti oleh 20 peserta, terdiri dari Petugas Dinas Pertanian dan Penyuluh Pertanian 5 (lima) Kabupaten yaitu Mesuji, Tulang Bawang, Lampung Tengah, Pesawaran dan Tanggamus. Hadir dalam kegiatan pelatihan dasar fasilitasi rantai nilai ini Team Leader NPIU, Agus Sutanto, dan Koordinator Wilayah Regional 3, Achmad Yusuf ( TA Farming System) dan Djati Nuhanto (TA Rantai Nilai).

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan tim rantai nilai tingkat kabupaten agar mampu membuat peta rantai nilai untuk komoditas padi dan komoditas tanaman lain bernilai ekonomi tinggi di Wilayah Daerah Irigasi yang disepakati dalam program IPDMIP, ujar Eko Dyah.

Sementara, Agus Sutanto, mengatakan Rantai Nilai (value chain) adalah nilai tambah dalam pertanian yang terbentuk ketika terjadi perubahan dalam bentuk fisik atau terjadi akibat adopsi metode produksi dan atau proses penanganan yang bertujuan untuk meningkatkan basis konsumen bagi produk tersebut sehingga produsen mendapatkan porsi yang lebih besar dari pengeluaran belanja konsumen.

Diharapkan dengan rantai nilai ini, petani sebagai produsen memiliki margin keuntungan yang lebih tinggi dengan meningkatkan nilai tambah dan kegiatan pasca panen komoditas pertanian yang lebih baik, ujar Agus Sutanto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here