Mulai Dari Penyuluh

0
0
views

Fenomena yang dihadapi penyuluh pada era reformasi sekarang ini adalah sulitnya mengajak petani untuk berkumpul untuk mengikuti penyuluhan.  Oleh sebab itu, para penyuluh harus mencari trik dan metode untuk dalam melaksanakan penyuluhan  untuk menarik minat para petani.

Bapak Suweno adalah THL-TBPP Desa Tanjung Mas Jaya, beliau melihat potensi yang ada di Mesuji Timur yaitu melipahnya buah kelapa, tetapi belum diolah dengan baik .Bila selama ini masyarakat hanya mengenal pemanfaatan kelapa sebatas untuk keperluan konsumsi seperti minyak goreng atau diambil santannya untuk menyayur. Padahal, dari kelapa dalam ini banyak yang dapat dikembangkan menjadi suber ekonomi masyarakat.

Bapak Suweno memberikan penyuluhan dengan memberikan contoh mengolah kelapa dalam menjadi kopra. Dari pengolahan tersebut selain buah kelapa yang dijadikan kopra, ada tempurung kelapa yang dapat dibuat arang, dan asap pembakaran arang yang di proses dengan penyulingan dan menghasilkan asap cair.

Dari hasil penelitian, asap cair tempurung kelapa mengandung senyawa fenol, yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri atau jamur sehingga dapat digunakan sebagai pengawet maupun disinfektan.

Dengan adanya percontohan pengolahan kelapa dalam terebut diharapkan masyarakat desa tertarik memanfaatkan kelapa dalam menjadi sumber ekonomi tembahan bagi keluarga. (Isyani, S.P.)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here