Panen Perdana Sorgum Di Desa Panca Warna Kec. Way Serdang

0
39
views

Setelah panen raya padi ditengah Pandemi Covid-19, kabar gembira datang dari Kabupaten Mesuji, dimana varietas tanaman pangan alternatif  yaitu Sorgum yang telah dibudidayakan oleh petani di Desa Panca Warna Kecamatan Way Serdang berhasil dipanen dengan provitas 5,9 ton/hektar.

Bersama Kepala Dinas Pertanian, Camat Way Serdang, Staf Ahli Bupati dan Kapolsek Way Serdang. Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji, Edyson Basid Habibi mengungkapkan tanaman sorgum ini  memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman pangan alternatif  yang murah, bergizi dan memiliki banyak manfaat serta diversifikasi produk yang beragam.

Sorgum merupakan salah satu komoditas yang berpotensi tinggi untuk dibudidayakan dan dikembangkan di daerah-daerah kering bahkan dilahan – lahan marginal seperti wilayah mesuji dengan curah hujan dan iklim tidak menentu, tahan terhadap hama dan penyakit serta memiliki kandungan nutrisi yang tinggi.

Sekeluarga dengan tanaman serealia lainnya seperti padi, jagung dan gandum, sorgum dapat dipanen hingga 3 kali dalam sekali tanam dengan masa pemeliharaan yang hampir sama dengan tanaman padi.

Hampir seluruh bagian tanaman sorgum mulai dari biji, tangkai, batang, daun hingga akar dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Selain itu banyak produk turunan yang dapat diolah dari sorgum di antaranya nira sorgum yang bisa dijadikan gula. Bio etanol juga dapat diproduksi dari sorgum, bahkan batang sisa produksi dapat dijadikan sebagai pakan ternak. Kemudian tepung olahan sorgum memiliki kadar gula yang rendah sehingga bagi penderita diabetes sangat cocok mengkonsumsi sorgum ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here