Pelatihan Agribisnis Peternakan

0
10
views

agribinsUpaya pendampingan dan pembinaan Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Mesuji untuk membantu petani yang mendapatkan bantuan ternak kambing dari segi peningkatan ketrampilan petani adalah dengan mengadakan pelatihan agribisnis peternakan.

 

“titik berat pelatihan agribisnis peternakan yakni memberdayakan masyarakat peternak di Kabupaten Mesuji dan meningkatkan produksi ternak kambing agar peternak yang tergabung dalam kelompok tani (poktan) dapat mandiri dalam hal pemeliharaan ataupun budidayanya ” ujar drh. Sri Purwanti di wirabangun kecamatan simpang pematang. Harapan kepala BP4K, pelatihan ini selain berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan ketrampilan petani juga dapat di gunakan untuk ajang silahturami dan tukar menukar informasi sesama peternak, baik selama berlangsungnya pelatihan ataupun pasca pelatihan.

 

Pelatihan agribisnis peternakan itu sendiri di laksanakan selama 2 kali kegiatan yakni pada tanggal 8-9 juni 2015  bertempat di balai desa wirabangun kecamatan simpang pematang dan pada tanggal 11 – 12 Juni 2015 bertempat di balai desa eka mulya kecamatan mesuji timur. Pelatihan ini melibatkan 2 orang narasumber dan di ikuti oleh 30 peserta yang berasal dari anggota Kelompok Petani dari seluruh kecamatan di Kabupaten Mesuji. Para peserta tersebut di bagi dalam 2 kelompok yakni peserta dari kecamatan panca jaya, simpang pematang dan way serdang di tempatkan di desa wirabangun dan peserta dari kecamatan rawa jitu utara, mesuji timur, tanjung raya dan mesuji di tempatkan di desa eka mulya.

 

Pada pelatihan agribisnis peternakan tahun ini narasumber berjumlah 2 orang dan berasal dari lingkungan BP4K Kab. Mesuji dan Penyuluh Pertanian yang kesemuanya memiliki latar belakang pendidikan di bidang kesehatan hewan dan peternakan. Setiap kegiatan pelatihan di langsungkan selama 2 hari yakni  di isi dengan pemaparan materi di hari pertamanya dan praktek pengolahan pakan bagi ternak kambing di  hari keduanya. (nang Sut)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here