Pelatihan Pembenihan Ikan di Pokdakan Mekar Abadi Mesuji Timur

    0
    11
    views

    lat ikan(BP4K Mesuji, 20/09/2013) Perikanan budidaya mendukung ketahanan pangan terutama dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat dan penyerapan tenaga kerja. Pembangunan kelautan dan perikanan yang telah dilaksanakan selama ini telah membawa hasil yang cukup menggembirakan. Perubahan tatanan global serta nasional yang berkembang dinamis menuntut percepatan pembangunan kelautan dan perikanan nasional secara nyata untuk mampu menyesuaikan dan memenuhi tantangan linkungan strategis yang bergerak cepat tersebut.

    Kegiatan Pelatihan Pembenihan Ikan merupakan kegiatan transfer teknologi yang dilaksanakan oleh Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Mesuji kepada pelaku utama petani pembudidaya ikan dalam rangka mendukung upaya percepatan pembangunan khususnya bidang perikanan di Kabupaten Mesuji. Adapun tujuan pelatihan pembenihan ikan ini adalah: menambah pengetahuan dan keterampilan petani pembudidaya ikan, merubah sikap petani pembudidaya ikan tentang pembenihan ikan menuju yang lebih baik, meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk perikanan, memelihara daya dukung dan kualitas lingkungan sumberdaya kelautan dan perikanan.

    Kegiatan pelatihan perikanan ini berlangsung 2 hari bertempat di Pokdakan Mekar Abadi Desa Margojadi Kecamatan Mesuji Timur Kab. Mesuji. Kegiatan pelatihan dihadiri dan dibuka langsung oleh Kepala BP4K Kab. Mesuji Bapak Jaya, S.P. Acara tersebut juga dihadiri Bapak Purnomo (Kabid. SDM), KJF Penyuluh Pertanian BP4K, Dinas Kelautan dan Perikanan, PPL, dan Petani Pokdakkan Mekar Abadi. Dalam penyampaiannya Bapak Jaya, S.P. berpesan agar para petani pembudidaya dapat mengikuti pelatihan dengan sebaik-baiknya dan dapat menerapkan pengalaman yang diperoleh baik di tingkat rumah tangga pembudidaya ataupun di tingkat kelompok. Sehingga selain meningkatkan produksi ikan tetapi juga akan memberikan dampak pada peningkatan kesejahteraan petani pembudidaya.

     

    lat ikan1

     

    lat ikan2

     

    lat ikan4

     

    lat ikan3
    Dalam kegiatan pelatihan, para petani pembudidaya ikan Pokdakkan Mekar Abadi dilatih melakukan pemijahan ikan Lele dumbo. petani pembudidaya ikan diajarkan dan melakukan praktik secara langsung bagaimana memilih indukan lele dumbo yang baik , melakukan proses penyuntikan indukan, persiapan kolam pemijahan, proses pemijahan, dan pemeliharaan larva hasil pemijahan.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here