PELATIHAN PENGEMBANGAN AGRIBISNIS PETERNAKAN (ITIK) PADA 10 (SEPULUH) DESA TUA DI KABUPATEN MESUJI

    0
    10
    views

    bud itikKeseriusan Bupati Mesuji ntuk meningkatkan taraf hidup diwilayahnya giat dilakukan di berbagai sector. Kali ini giliran sector peternakan yang menjadi focus utama. 10 (Sepuluh) desa tua yang ada di Kabupaten Mesuji merupakan desa yang berada di bantaran Sungai Mesuji, dihuni oleh penduduk asli Mesuji. Mayoritas mata pencaharian penduduk Desa Tua adalah sebagai pencari kayu an nelayan.

    Pada tahun 2013 ini, Distribusi ternak itik menjadi salah satu pilihan Bupati Mesuji dan dianggap dapat meningkatkan penghasilan rumah tangga di 10 (Sepuluh) Desa Tua. Sebanyak 54.000 ekor itik kan didistribusikan ke seluruh Kepala Keluarga di 10 (Sepuluh) Desa Tua. Masing – masing Kepala Keluarga mendapat bagian 5 sampai 6 ekor tergantung kuota yang telah ditentukan pada proses penganggaran sbelumnya.

    Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Mesuji sebagai salah satu Perangkat Daerah yang bertanggung jawab terhadap pembinaan SDM bidang pertanian, perikanan dan kehutanan. Untuk periapan distribusi ternak itik yang akan dilakukan oleh Dinas Kelautan Perikanan dan Petenakan, BP4K melaksanakan pelatihan budidaya itik sebagai persiapan untuk menyukseskan distribusi itik.

    Sampai Bulan Agustus 2013, pelatihan itik sudah dilaksanakan di Empat Desa, yaitu: Sungai Badak, Labuhan Batin, Sungai Cambai dan Talang Gunung. Enam desa tua lainnya akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat.

    gb2gb1

    Materi yang disampaikan adalah: 1). Pengantar beternak itik, 2).Managemen Kandang, 3). Pembuatan pakan dan perawatan itik dan, 4). Pasca Panen Itik. Selain materi yang disampaikan selam dua hari berturut – turut, BP4K juga melaksanakan demplot udidaya itik yang terdiri dari 110 ekor itik, kandang ukuran 3 x 9 meter (terdiri dari andang kering dan kandang basah), pakan selama dua bulan serta obat-obatan.

    gb3gb4

    Diharapkan dengan pelaksanaan pelatihan ini akan membah wawasan penduduk serta dapat mendukung dan menyukseskan pendistribusian ternak itik di 10 Desa Tua.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here