PEMANFAATAN DAUN PEPAYA (Carica Papaya) UNTUK PEMBUATAN PESTISIDA NABATI

0
382
views
Pemanfaatan Daun Pepaya

Pestisida diartikan sebagai zat yang dapat bersifat racun menghambat pertumbuhan/ perkembangan tingkah laku, perkembangbiakan kesehatan, mempengaruhi hormon, penghambat makanan, membuat mandul sebagai pemikat, penolak dan aktivitas lain yang mempengaruhi organisme pengganggu tanaman. Secara umum pestisida nabati diartikan sebagai suatu pestisida yang bahan aktifnya berasal dari tanaman atau tumbuhan dan bahan organik lainya yang berkhasiat mengendalikan serangan hama pada tanaman. Pestisida nabati relatif mudah dibuat dengan bahan dan teknologi yang sederhana. Bahan bakunya yang alami/nabati membuat pestisida ini mudah terurai (biodegradable) di alam sehingga tidak mencemari lingkungan. Salah satu tumbuhan yang dapat digunakan yaitu tanaman pepaya berupa daunnya dimana daun pepaya mengandung bahan aktif flavonoid, terpenold, dan alkalid yang bersifat racun bagi serangga dan efektif untuk mengendalikan aphids dan hama ulat daun.

Pembuatan Pestisida Alami dari Daun Pepaya:

Cara pembuatan:

  • Kumpulkan kurang lebih 1 kg daun pepaya (sekitar 1 tas plastik besar/ 1 ember besar).
  • Tumbuk daun pepaya hingga halus.
  • Hasil tumbukan/rajangan direndam di dalam dalam 10 liter air kemudian ditambahkan 2 sendok makan minyak tanah dan 30 gr detergen. Hasil campuran, didiamkan semalam.
  • Saring larutan hasil perendaman dengan kain halus.

Penggunaan/Aplikasi: semprotkan larutan hasil saringan ke tanaman dengan mencampurkan 10 ml ekstrak dengan 1 liter air.

Keanekaragaman jenis tanaman yang berpotensi sebagai bahan pestisida nabati sangat tinggi salah satunya daun pepaya namun sampai saat ini pemanfaatannya sebagai bahan untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman belum optimal. Salah satu faktor penyebabnya adalah belum optimalnya sosialisasi pemanfaatan pestisida nabati dalam pengendalian hama dan penyakit kepada masyarakat.

Diharapkan dengan adanya informasi manfaat daun pepaya dan jenis-jenis tanaman lain yang berpotensi sebagai bahan penghasil pestisida nabati dan pemanfaatannya dapat membantu masyarakat dalam mengenal dan memanfaatkan jenis-jenis tersebut dalam pengendalian hama dan penyakit pada tanaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here