Pemanfaatan Pekarangan Rumah Dengan Tanaman Sayur

2
297
views

Pemanfaatan Lahan PekaranganMesuji. Pada mulanya bertanam sayur di pekarangan hanya dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga dengan memanfaatkan halaman rumah yang tersisa, Lahan ini jika dipelihara dengan baik akan memberikan lingkungan yang menarik nyaman dan sehat serta menyenangkan sehingga membuat kita betah tinggal di rumah. Dalam pemanfaatan pekarangan menjadi taman sayura aspek budidaya dari tanaman tetap harus diperhatiakan. Dengan demikian tujuan dari pemanfaatan pekarangan berapa pun luasannya akan memberikan hasil yang optimal.

Pilihlah jenis tanaman yang bermanfaat bagi keperluan rumah tangga baik untuk obat atau kesehatan (kunyit, jahe, temulawak, mengkudu) dan keperluan dapur (cabe, tomat, sereh, sayuran,) serta pelengkap gizi keluarga (pepaya , pisang , jeruk dan lain-lain). Upayakan menanam beragam jenis tanaman dengan maksud untuk mencegah adanya serangan hama dan penyakit pada tanaman. Taman sayur merupakan contoh taman yang multifungsi, di satu sisi tampilannya cukup memberikan kesan dan ketika dipanen dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan, Bahkan jika jumlahnya cukup banyak  bisa dijual yang akan memberikan keuntungan ekonomis. Manfaat lain yang bisa kita peroleh. Dengan taman sayur di pekarangan kita ikut mendukung gaya hidup hijau yang merupakan suatu usaha untuk mengatasi laju pemanasan global yang bisa kita mulai dari rumah kita. Pekarangan akan mempunyai fungsi dengan baik jika penghuninya mempunyai kemamapuan menata, mengolah, dan memnfaatkan lahan dengan baik. Selain itu, penghuni harus mengetahui tentang gizi agar kebutuhan dapat di peroleh ari pekarangan. Jika pekarangan di tata dengan baik, pemiliknya akan memperoleh fungsi ganda. Kedua fungsi tersebut adalah memenuhi kebutuhan jasmanai dan rohani. Bagi masyarakat di pedesaan, pekarangan merupakan lahan yang mampu menambah penghasilan mereka. Masyarakat di pedesaan rata-rata mempunyai pekarangan yang cukup luas. Jika pekarangan yang mereka miliki dapat di manfaatkan dan di olah dengan sebaik-baiknya, kebutuhan gizi sehari-hari dapat di peroleh dari pekaranagn yang ada. (lee)

2 KOMENTAR

  1. Sungguh senang ada bacaan macam begini. Pengetahuan tentang tanaman sangat menarik untuk menambah wawasan pengetahuan. Saya pensiunan banyak membaca blog soal tanaman dan hobbi berkebun. trima kasih ya telah memposting knowledge.
    Banyak hal lain lagi yang belum ditulis..hayo tulis terus.. saya membaca nya makin kenyang……sukses buat author blog

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here