Pemberdayaan Kelompok Tani Melalui Pemanfaatan Gudang Pupuk Bersama Di Desa Tanjung Menang dan Desa Tanjung Menang Raya

    0
    5
    views

    Kelompok tani Sido Makmur adalah salah satu kelompok tani yang berada di Desa Tanjung Menang Raya, Kecamatan Mesuji Timur. Kelompok tani berdiri berdasarkan keinginan bersama warga untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Kelompok tani ini berdiri tanggal 5 Januari Tahun 2009 dengan jumlah anggota 14 orang. Awal berdirinya setiap anggota diwajibkan memberikan iuran sebesar Rp. 10.000, uang iuran tersebut digunakan untuk modal usaha pengadaan pupuk. Dari sinilah cikal bakal pembuatan gudang pupuk secara bersama berdiri. Usaha pengadaan pupuk dipilih oleh kelompok dengan tujuan untuk memudahkan anggota dan masyarakat sekitarnya untuk memperoleh pupuk secara tepat waktu. Sehingga kegiatan bercocok tanam dapat berjalan lancar. Seiring berjalannya waktu, anggota kelompok terus bertambah dan pemupukan modal juga bertambah dan gudang pupuk pun semakin besar.

    Dalam kurun waktu pertiga bulan kelompok mengadakan rapat pengurus dan anggota untuk membahas pelaporan kondisi keuangan dan stok pupuk. Keuntungan yang diperoleh digunakan untuk menambah modal, dibagikan kepada anggota dan pengurus, dan sebagian digunakan untuk kegiatan-kegiatan social di Desa Tanjung Menang. Dengan adanya dana sosial dari kelompok, sehingga semua masyarakat merasakan manfaat keberadaan kelompok tani.

    Melihat keberhasilan kelompok tani Sido Makmur dalam mengembangkan usaha di bidang pengadaan pupuk, banyak masyarakat lain juga tergugah untuk membentuk kelompok tani, dan kemudian terbentuk beberapa kelompok tani dengan usaha pupuk.

    Pada Tahun 2011 Desa Tanjung Menang memperoleh bantuan dana Program Pengembangan Usaha Agribisnis Pertanian (PUAP) dari Kementerian Pertanian. Dana PUAP tersebut kemudian digunakan untuk penambahan modal kelompok. Sehingga persediaan pupuk di kelompok semakin bertambah.

    Tahun 2013, Desa Tanjung Menang terjadi pemekaran desa menjadi dua desa yaitu Desa Tanjung Menang dan Tanjung Menang Raya. Berdasarkan pemekaran tersebut maka kelompok tani yang ada juga terpecah, sehingga kemudian diadakan reorganisasi kelompok dan penumbuhan kelompok baru. Desa Tanjung Menang memiliki 8 kelompok tani dan 4 kelompok wanita tani, sedangkan Desa Tanjung Menang Raya terdapat 6 kelompok tani dan 3 kelompok wanita tani. Di Desa Tanjung Menang terdapat 3 kelompok tani dan di Desa Tanjung Menang Raya terdapat 3 kelompok tani yang bergerak di bidang usaha pengadaan pupuk dan semua memilik gudang pupuk sendiri.

    Dengan adanya gudang pupuk di masing-masing kelompok tani, maka petani tidak kesulitan memperoleh pupuk dan para anggota kelompok tani kini dapat merasakan manfaat menjadi anggota kelompok tani. “Jadi Anggota Kelompok Tani, Siapa Takut”.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here