Pembibitan Padi Sistem Dapog

0
543
views

Dalam memeriahkan HUT Kabupaten Mesuji yang ke-7 yang dilaksanakan di Desa Panggung Jaya Kecamatan Rawajitu Utara, stand pameran BP4K Kabupaten Mesuji diisi dengan pengenalan teknologi pembibitan padi sawah dengan system dapog. Masyarakat setempat sangat antusias dengan teknologi tersebut mengingat bahwa sebagian besar petani setempat banyak yang memiliki lahan persawahan dan sebagian telah menggunakan mekanisasi pertanian, yakni rice transplanter.

Badan Litbang Kementerian Pertanian pada tahun 2014 berhasil menciptakan mesin tanam padi (rice transplanter) dan sebagai upaya untuk mewujudkan teknis operasionalnya diperlukan persemaian bibit padi sistem dapog. Dengan mesin transplanter dapat mempercepat waktu tanam dan menurunkan biaya tanam.

Prinsip pembibitan dengan system dapok yakni, bibit padi ditabur pada tempat tertentu, misalnya plastic, lempengan semen, daun pisang, sehingga akar bibit terlihat seperti tikar/karpet dan dapat digulung. Hasil gulungan ditempatkan pada nampan (tray) yang merupakan bagian dari mesin transplanter untuk persiapan penanaman di lahan. Leaflet pembibitan padi dengan system dapok dapat diunduh disini.

Pembibitan Padi Sistem Dapog

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here