Pembinaan Kelembagaan Tani di Kecamatan Panca Jaya

0
6
views
Camat Buka Acara Pembinaan Kelembagaan Tani

Camat Buka Acara Pembinaan Kelembagaan TaniPembangunan pertanian berkelanjutan merupakan suatu keharusan untuk memenuhi kebutuhan pangan, papan, dan bahan baku industri, memperluas lapangan kerja dan lapangan berusaha, meningkatkan kesejahteraan rakyat, mengentaskan masyarakat dari kemiskinan khususnya di pedesaan, meningkatkan pendapatan nasional, serta menjaga kelestarian lingkungan.

Kelembagaan Petani adalah lembaga yang ditumbuhkembangkan dari, oleh, dan untuk petani guna memperkuat dan memperjuangkan kepentingan petani. Kelembagaan petani dimaksud adalah Kelompok Tani (Poktan) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan). Sebagaimana dalam Permentan 82 Tahun 2013 bahwa Penanggungjawab pengembangan poktan dan gapoktan di tingkat kecamatan adalah Camat, sedangkan operasionalnya dilaksanakan oleh Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan.

Pengurus Gapoktan dan PoktanPembinaan kelembagaan tani masing-masing desa di Kecamatan Panca Jaya merupakan tindak lanjut kegiatan Pembinaan Aparatur Desa yang telah dilaksanakan sebelumnya. Tujuan utama pelaksanaan pembinaan ini dimaksudkan untuk melihat sejauh mana progress dari pelaksanaan program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) yang telah digulirkan di desa-desa yang ada di Kecamatan Panca Jaya, serta menghimpun permasalahan-permasalahan yang ada di tingkat Gapoktan dalam pengelolaan dana PUAP dan memberikan solusi untuk pengembangan ke depan yang lebih efisien dan menguntungkan petani.

Kegiatan Pembinaan Kelembagaan tani dilaksanakan di Kantor Kecamatan Panca Jaya, dan di Pimpin langsung oleh Camat Panca Jaya Bapak Drs. Ma’ruf, MM dan dihadiri oleh Kepala Desa, PMT, Penyuluh, Pengurus Gapoktan serta Pengurus Poktan Masing-masing desa. Realisasi kegiatan Pembinaan Kelembagaan Tani Se-Kecamatan Panca Jaya disajikan berikut:

No

Pelaksanaan

Desa

Gapoktan

Keterangan

1

08 Juni 2015 Adi Karya Mulya Mandiri Jaya Telah dilaksanakan

2

11 Juni 2015 Fajar Indah Karya Indah Telah dilaksanakan

3

16 Juni 2015 Adi Luhur Adil Makmur Telah dilaksanakan

4

22 Juni 2015 Fajar Baru Usaha Baru Telah dilaksanakan

5

23 Juni 2015 Fajar Asri Sido Asri Telah dilaksanakan

6

Mukti Karya Karya Tani Makmur Belum dilaksanakan

7

Adi Mulyo Bina Tani Belum dilaksanakan

 

(Kontributor: Muaddin/ PJ)