Pembinaan Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Adi Karya Mulya

0
418
views

Kelompok wanita tani merupakan salah satu kelembagaan yang diakui dan eksis dalam bidang pertanian. Wanita tani masih memiliki peranan penting dalam pengelolaan usaha tani termasuk dalam hal ini usaha pengolahan hasil pertanian ataupun usaha pemanfaatan pekarangan. Karakteristik Kelompok wanita tani yang khas ini juga merupakan potensi andalan dalam usaha peningkatan perekonomian keluarga.

Karena sangat potensialnya kelompok wanita tani, maka perlu dlakukan pembinaan kepada KWT sehingga dapat mennjadi pelopor bagi wanita lainnya. Pembinaan tentang pentingnya kelompok wanita tani di desa adi karya mulya kecamatan panca jaya dilaksanakan pada tanggal 25 November 2014 pada pukul 14.00 WIB, dan dihadiri oleh anggota kelompok yang antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Selain materi pentingnya kelompok wanita tani, juga dilaksanakan demonstrasi cara tentang pembuatan boneka horta sebagai media tanam.

Media tanam adalah salah satu hal yang penting dalam pertumbuhan tanaman. Media tanam yang baik adalah yang dapat memberikan unsur hara yang baik sehingga pertumbuhan tanaman dapat optimal. Media tanam yang baik adalah media yang mampu menyediakan air dan  unsur hara dalam jumlah cukup bagi pertumbuhan tanaman.

KWT sekar makmur diedukasi dengan penyuluhan pembuatan boneka horta untuk merangsang kreativitas anggotanya dengan pemanfaatan barang bekas.Anggota KWT memanfaatkan pakaian bekas, sebagai pembungkus media tanam dan dikreasikan sesuai imaginasi masing masing sehingga terciptalah model boneka horta yang unik dan menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here