PEMBINAAN SDM PETERNAKAN MELALUI PENYULUHAN PETERNAK KAMBING

0
89
views

876765Gedung boga 2 Maret 2015, ternak kambing merupakan salah satu ternak yang banyak di gemari masyarakat di Kabupaten Mesuji khususnya desa gedung boga kecamatan way serdang. Berdasarkan penuturan kepala desa gedung boga “warga desa di sini menyukai kambing sebagai ternak peliharaan dan saat ini 60 % warga desa gedung boga memiliki ternak kambing”.
BP4K mesuji sebagai instansi yang melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada pelaku usaha di bidang pertanian, perikanan dan kehutanan mengapresiasi antusias warga masyarakat di desa tersebut dengan melaksanakan penyuluhan tentang ternak kambing. Kegiatan penyuluhan tersebut mengambil tempat di Balai Desa Gedung Boga Kecamatan Way Serdang di ikuti sekitar 30 orang peserta. Kepala BP4K Kabupaten Mesuji drh. Sri Purwanti, MM yang di dampingi tim penyuluhan yang berasal dari eselon III, koordinator penyuluh dan segenap penyuluh kecamatan way serdang dalam pembukaan acara tersebut menuturkan ”peternak kambing di harapkan dapat mengikuti rangkaian kegiatan penyuluhan sampai selesai sehingga pengetahuan tentang cara pemeliharaan ternak dan kesehatan hewan sehingga kemampuan/ketrampilan peternak dapat meningkat, dan tak hanya itu saja di harapkan mereka mampu mengaplikasikannya dengan baik”.
Kegiatan pembinaan dan penyuluhan ini di harapkan dapat menunjang produksi ternak kambing sehingga hasil usahanya pada akhirnya dapat berefek positif yakni meningkatnya kesejahteraan peternak. Dalam materi penyuluhan di bahas tentang kesehatan hewan dan manajemen pemeliharaan/produksi (perkandangan, pakan). Para narasumber yang berasal dari lingkungan BP4K dan BP3K Kec. Way Serdang juga menekankan teknik dan cara yang efektif untuk penanganan seputar kesehatan hewan dan manajemen pemeliharaan yang dapat di lakukan secara mandiri oleh peternak (Lee/Nanang).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here