Pembuatan Pakan Ikan Di Pokdakan “Albino” Desa Pangkal Mas Mulya

0
19
views

Pembuatan Pakan IkanPokdakan albino adalah kelompok tani yang ada di Desa Pangkal Mas Mulya, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji Timur. Bermula dari 7 orang anggota yang aktif memelihara ikan patin, dan permasalaha yang dihadapi adalah harga pakan ikan yang mahal. Kemudian Kelompok Albino minta dilakukan penyuluhan tentang pembuatan pakan ikan. Setelah penyuluhan kemudian petani membeli alat pengolah pakan ikan yaitu Klanting, tetapi dengan alat tersebut belum dapat memenuhi kebutuhan anggota akan pakan ikan.

Secara swadaya kemudian Pokdakan Albino membeli alat pengolah pakan ikan yang lebih modern dengan  harga Rp.4.200.000. Dengan alat tersebut Pokdakan dapat mengolah sendiri pakan ikan dan dapat memenuhi kebutuhan anggota kelompok Albino.  Dengan adanya alat pengolah pakan ikan (pelet) tersebut, sekarang petani pembudidaya ikan pati bertambah yang tadinya hanya 7 orang sekarang menjadi 37 orang.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pakan ikan adalah dedak 50 kg, ikan asin 49 kg dan 1 kg mineral/suplemen. Dedak banyak tersedia di Mesuji Timur, karena Mesuji Timur merupakan salah satu sentral tanaman padi.  Sedangkan kan asin diperoleh dari Kecamatan Rawajitu Utara.

Para anggota Kelompok dapat menggunakan alat tersebut untuk membuat pakan ikan, sistennya yaitu membayar Rp 1000 untuk setiap  1 kg pelet ikan yang dihasilkan. Uang yang terkumpul digunakan untuk operasional alat dan perawatan alat.

Sekarang Pokdakan albino menjadi produsen ikan pati, tetapi muncul permasalahan baru, yaitu tentang pemasaran ikan patin.  Permasalah tersebut sudah dikoordinasikan dengan dinas terkait. Semoga permasalahan tersebut dapat segera teratasi, sehingga petani bisa Sejahter,  Amin.. (Bambang R & Isyani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here