Pembuatan Pupuk Organik (Kompos) Dengan Mikro Organisme Lokal (MOL)

    0
    81
    views

    Pembuatan Kompos Dengan MOLKamis 13 November kemarin BP3K Tanjung Raya lakukan Penyuluhan di desa Bujung Buring tentang pembuatan pupuk organik (kompos) dengan bantuan Mikroorganisme Lokal (MOL). MOL adalah bakteri/Mikroorganisme pengurai yang dapat digunakan untuk memperbaiki sifat biologis tanah,membantu mempercepat pembusukan sampah-sampah organik. Dan pada kegiatan kali ini MOL ini digunakan untuk membantu pembuatan pematangan kompos.

    Pembuatan kompos ini dilakukan di kelompok tani Sumber Rejeki, yang sebelumnya telah mendapat bantuan Unit Pembuatan Pupuk Organik (UPPO) dari dinas Pertanian. Dimulai dari penyiapkan bahan utama seperti kotoran ternak, sampah organik/sisa-sisa makanan ternak dan MOL sebagai dekomposer. Proses fermentasi/pembusukan selama 3 bulan hingga kompos siap untuk digunakan.

    “Kegiatan ini diharapkan mampu menambah nilai ekonomi bagi kelompok  dan untuk mempersiapkan kebutuhan pupuk organik pada musim tanam 2015” ujar bapak Sunyoto selaku pimpinan BP3K Tanjung Raya, yang memimpin langsung proses pembuatan kompos  tersebut. (Musa)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here