Penandatangan Nota Kesepahaman Kegiatan Optimalisasi Lahan Rawa

0
7
views

Kementerian Pertanian menggelar Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama Kegiatan Optimasi Lahan Rawa (OPLA) tahun anggaran 2024. Kegiatan dihadiri oleh Jajaran TNI, Lembaga lingkup Kementerian Pertanian, staf khusus, tenaga ahli,  pejabat eselon I, II dan III 60, Kepala Dinas Provinsi, termasuk Provinsi Lampung dan Kepala Dinas Kabupaten 50 orang termasuk Kabupaten Mesuji yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji, Pariman, SP., MM (4/3).

Menteri Pertanian Dr. Andi Amran Sulaiman, mengapresiasi para Dandim yang hadir dari kabupaten di 11 provinsi yang terlibat dalam kegiatan Optimasi Lahan Rawa. Pada kesempatan ini dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kepala Dinas Pertanian Provinsi dengan Aster Kasdam. Tujuan penandatangan untuk mendapatkan kesamaan pemahaman pelaksanaan kegiatan Optimasi Lahan Rawa. Optimasi lahan rawa adalah untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan rawa melalui perbaikan infrastruktur guna meningkatkan indeks pertanaman (IP) khususnya lahan yang masih memiliki IP rendah.

Upaya optimasi lahan pertanian di lahan rawa melalui perbaikan infrastruktur lahan dan air dengan prioritas pada kegiatan pembangunan/rehab saluran irigasi di tingkat usahatani, penguatan tanggul, drainase, pipa saluran air, dan pintu-pintu air serta insfrastruktur air lainnya. Jenis konstruksi tercantum dan Survey Investigasi Desain (SID), Percepatan tanam, peningkatan IP. Semoga kegiatan Upsus Padi Jagung  berjalan dengan baik, luas tanam dan produksi meningkat serta ketahanan pangan semakin kuat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here