Penilaian Penyuluh Pertanian Teladan Dan Pelaku Utama Berprestasi Di BP3K Panca Jaya

0
518
views
Penilaian Tingkat Kecamatan Panca Jaya
Penilaian Tingkat Kecamatan Panca Jaya

Penilaian Penyuluh Pertanian Teladan dan Pelaku Utama Berprestasi (Gapoktan, Poktan, dan Petani), adalah kegiatan rutin tahunan dari BP4K Mesuji. Kegiatan ini didasari oleh Peraturan Menteri Pertanian No: 13/Permentan/OT.140/3/2011 tentang Pedoman Penilaian Penyuluh Pertanian Teladan, No : 17/Permentan/OT.140/3/2011 tentang Pedoman Penilaian Gabungan Kelompok Tani Berprestasi, dan juga Nomor : 42/Permentan/OT.140/3/2013 tentang Pedoman Penilaian Petani Berprestasi.

Suasana Penilaian Petani Berprestasi
Suasana Penilaian Petani Berprestasi

Dengan merujuk dari Permentan tersebut yang juga kegiatan rutin tahunan bagi Pemda seluruh Indonesia, maka Jum’at tanggal 27 Maret 2015, bertempat di Balai Penyuluh Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Panca Jaya Kabupaten Mesuji, dilakukan Penilaian Penyuluh Teladan dan Pelaku Utama Berprestasi. Dari hasil seleksi sebelumnya, akhirnya untuk tahun ini, Penyuluh Teladan yang diajukan oleh BP3K Panca Jaya adalah Ika Rahmawati, SP., M.Sc. yang memiliki WBPP (Wilayah Binaan Penyuluh Pertanian) di Desa Adi Luhur Kecamatan Panca Jaya. Dan Pelaku Utama Berprestasi untuk kategori Petani Berprestasi, BP3K Panca Jaya memiliki 3 Calon, dimana terdiri dari 2 Calon Petani Berprestasi dibidang Perkebunan dan 1 Calon Petani Berprestasi dibidang Pertanian Tanaman Pangan, yang juga sebelumnya telah dilakukan penyeleksian yang cukup ketat, namun tetap harus memilih yang terbaik, yang dirasa siap untuk mewakili Kecamatan Panca Jaya. Juga ada satu kategori lagi yang diajukan oleh BP3K Panca Jaya, yaitu Kategori Gapoktan Berprestasi. Dari 7 Gapoktan yang dimiliki Kecamatan Panca Jaya, BP3K Panca Jaya akhirnya mengajukan Gapoktan “Adi Makmur” yang beralamat di Desa Adi Luhur. Untuk Tim Penilai dari BP4K Kabupaten Mesuji, yang berkesempatan hadir adalah Kabid. Koordinator Jabatan Fungsional, Daliman, SP.

Dengan diadakannya kegiatan ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Mesuji berharap agar semua Penyuluh Pertanian yang untuk dapat lebih meningkatkan lagi kinerjanya sebagai penyuluh pertanian. Juga agar dapat memberikan motivasi dan meningkatkan kinerja gabungan kelompok tani sebagai kelembagaan pelaku utama pembangunan pertanian di pedesaaan. Bagi petani yang tergabung dalam Kelompok Tani khususnya, dan bagi semua petani umumnya, agar lebih semangat lagi dalam menggeluti profesinya sebagai petani, juga agar lebih bijak dalam mengambil teknologi pertanian yang mana yang harus dipakai atau diterapkan.(alkha)