Penumbuhan KWT Tirta Berseri Desa Tirtalaga

0
129
views
KWT Tirta Berseri

Kelompok Wanita Tani (KWT) merupakan salah satu kelembagaan petani yang diakui dan eksis dalam bidang pertanian. Wanita tani memiliki peranan penting dalam pengelolaan usaha tani termasuk dalam pengelolaan hasil pertanian dan pemanfataan pekarangan. Karakteristik khas dari KWT ini juga merupakan potensi andalan dalam usaha peningkatan perekonomian keluarga.

Rabu Malam (9/10/2018) bertempat di rumah ibu Triyani diadakan musyawarah pembentukan KWT. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pj. Kepala Desa, PPL, BPD, GAPOKTAN dan Ibu – ibu dari Rt 1/ Rk 1 Desa Tirtalaga Kecamatan Mesuji. Musyawarah pemilihan kepengurusan KWT di fasilitasi oleh PPL setempat yang mengacu pada Peraturan Bupati Mesuji No 26 tahun 2017 tentang kelembagaan petani. Dari musyawarah tersebut terpilih Ibu Tumini sebagai ketua, Ibu Sunarsih sebagai sekretaris, dan Ibu Sriyati sebagai Bendahara.

“KWT Tirta Berseri ini adalah KWT pertama di Tirtalaga, masa baktinya selama 3 tahun mengacu Perbup No. 26 tahun 2017. Pengurus KWT ini, akan membuat rencana kerja dan sudah kita dengar tadi telah disepakati pertemuan bulanan setiap tanggal 9”, ujar Muaddin, selaku PPL setempat.

Dalam sambutannya, Hendra selaku Pj Kades sangat mengapresiasi semangat ibu-ibu yang ada di jalur 1 untuk membentuk KWT. Keberadaan KWT diharapkan dapat mendorong sektor perekonomian keluarga, terutama peran ibu – ibu dalam memanfaatkan pekarangan rumah dengan tanaman sayur-sayuran, beternak dan berbudidaya ikan. Selain itu, KWT dapat berkontribusi nyata terhadap kemajuan desa terutama dibidang Pokja IV PKK Desa Tirtalaga. (Din/msj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here