“PERDANA”PERTEMUAN BULANAN IPDMIP

0
117
views

Pertemuan Bulanan untuk mereview pelaksanaan penyuluhan kegiatan Integrated Participatory Development and Management Of Irrigation Project (IPDMIP) di laksanakan pada hari kamis tanggal 13 Februari 2020 bertempat di kantor Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji  Wiralaga Mulya yang di buka oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji yaitu Pariman, SP dan di hadiri Pejabat Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji, Koordinator Penyuluh Pertanian Kabupaten, Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan dan Penyuluh Pertanian Lapangan serta tamu undangan dari PT.Petrokimia Lampung.

Pertemuan ini Menindaklanjuti program aksi provinsi lampung berupa  :

  1. Gerakan Kostratani di kecamatan

Kementerian Pertanian telah meluncurkan program Komando Strategis Pembangunan Pertanian di tingkat kecamatan atau Kostra Tani. Dalam jangka panjang bertujuan untuk mengoptimalkan tugas, fungsi dan peran balai penyuluhan pertanian sebagai pusat kegiatan pembangunan  pertanian tingkat kecamatan  dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional. Sementara tujuan jangka pendek untuk meningkatkan penguatan sarana prasarana, kelembagaan, kapasitas SDM dan penyelenggaraan pembangunan pertanian di tingkat kecamatan. Untuk itu diperlukan kesiapan sumber daya manusia dan sarana prasarana yang memadai untuk mendukung kostratani.

2. Penyuluhan, pendidikan dan pelatihan vokasi mendukung program utama Kementerian Pertanian

Prinsip pelaksanaan Gerakan Pemberdayaan Petani Mendukung UPSUS dilaksanakan di  4 BPPP (Rawajitu Utara, Mesuji Timur, Mesuji dan Simpang Pematang) sebagai berikut :

  • Masing-masing BPPP melaksanakan kegiatan Sekolah Lapangan di 5 (lima) wilayah kerja penyuluh pertanian
  • Masing-masing wilayah kerja penyuluh pertanian didampingi oleh 1 (satu) orang Penyuluh Pertanian.
  • Penyuluh pertanian berperan sebagai pengawal, /pendamping/fasilitator dalam pelaksanaan SL kepada kelompok tani di wilayah kerja penyuluh pertanian.
  • Kelompok tani yang melaksanakan SL menerapkan Sistem Pertanian Terpadu.
  • Pelaporan kegiatan SL dilaporkan melalui : siluhtan.net tiap minggu selambat-lambatnya tanggal 10 dan 28 pada bulan berjalan.
  • Masing-masing BPPP mengajukan petani peserta SL sesuai contoh formulir CPCL dan kelompok tani harus tercatat  pada database SIMLUHTAN.
  • Pelatihan berupa Pelatihan mitigasi dan adaptasi perubahan Iklim dengan penyelenggara Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan Lampung) pada tanggal 16-21 Februari 2020 akan diikuti oleh 2 orang Penyuluh Pertanian.

3. Penyuluhan, pendidikan dan pelatihan vokasi mendukung penumbuhan pengusaha petani millenial

Pelatihan Pengusaha Millenial dengan penyelenggara Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan Lampung) pada tanggal 16-21 Februari 2020 akan diikuti oleh 6 (enam) orang petani pelaku usaha pertanian dari kecamatan Tanjung Raya, Mesuji Timur, Rawajitu Utara dan Simpang Pematang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here