Persiapan Musim Tanam, Kepala BP4K Mesuji Turun ke Lahan Persawahan

0
48
views
Kepala BP4K Cek Saluran Irigasi

Dalam upaya untuk medukung Upaya Khusus (UPSUS) Padi, Jagung dan kedele (Pajale) yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian tahun depan, banyak kegiatan yang dilakukan untuk persiapan musim tanam tahun 2015/2016 di desa Wira Bangun dan Bangun Mulyo Kecamatan Simpang Pematang antara lain normalisasi sungai yang membentang persawahan kedua desa seluas +/- 480 hektare , pembuatan jalan usahatani, perbaikan saluran draenase dengan menggunakan alat berat (exavator) bantuan dari Bapak Bupati Mesuji Khamami, S.H. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan petani tidak mengalami kegagalan yang diakibatkan meluapnya air dari sungai ke lahan persawahan petani.

kunjungan_bp4k_4Pada hari Rabu tanggal 11 November 2015, Kepala BP4K Mesuji drh. Sri Purwanti, Kabid Penyuluhan Slamet, Amd, Pimpinan BP3K Simpang Pematang Slamet Untaryo, Amd meninjau langsung kegiatan persiapan musim tanam di desa Wira Bangun dan Bangun Mulyo Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji . Kegiatan Dimulai dengan mengecek tanggul di depan sebelah kiri bendungan yang  jebol dan telah diperbaiiki dengan exavator,  normalisasi sungai alam, monitoring perkembangan dan pengamatan hama dan penyakit serta penanganan panen dan pasca panen tanaman kedele dan tembakau yang ditanam pada MT 3 Tahun 2015.

Kepala BP4K Cek Tanaman KedelaiNampaknya dampak kemarau panjang  (Elnino) tidak dirasakan oleh sebagian petani disekitar sungai, air masih melimpah ruah pada musim ini disebabkan ada aliran buangan limbah yang bersumber dari air  tanah (sumur bor) dari Perusahaan Tapioka PT. Lambang Jaya. “Selama Pabrik Singkong masih beroperasi, air limpahan pabrik masih mengaliri sungai untuk dimanfaatkan bercocok tanam kedele, sayur-sayuran dan tanaman tembakau” kata Pak Slamet Untaryo.

Dalam arahannya  Kepala BP4K menghimbau kepada PPL untuk lebih intensif mendampingi petani dan mengawal kegiatan UPSUS dengan  meningkatkan luas tanam padi pada MT I tahun 2015/2016 tidak hanya di lahan sawah tetapi di areal rawa (sonor) sehingga dapat meningkatkan produksi padi (GKP) di Kabupaten Mesuji.(Tri/SP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here