Petani Fajar Asri Kembangkan Budidaya Belimbing

0
55
views
Tanaman Belimbing Milik Bapak Malik Desa Fajar Asri
Tanaman Belimbing Milik Bapak Malik Desa Fajar Asri

Menanam tanaman belimbing disekitar pekarangan rumah, mungkin sesuatu yang biasa bagi sebagian besar petani. Namun untuk sengaja membudidayakannya masih sangat minim, mengingat sebagian besar petani masih mengandalkan sektor perkebunan yakni tanaman karet. Itulah yang dialami oleh Bapak Malik Desa Fajar Asri Kecamatan Panca Jaya diawal membudidayakan tanaman belimbing.

“Awalnya saya berinisiatif menanam belimbing karena disini belum ada yang menanam, dan harapannya bisa menambah penghasilan rumah tangga. Alhamdulillah, belimbing yang saya tanam sudah berumur 15 bulan dan sudah berproduksi rata-rata 5 – 10 kg/ batang.” ujar Malik.

Lebih lanjut Bapak Malik menjelaskan, bahwa bibit belimbing yang ia tanam saat ini berasal dari blitar – jawa timur. Bersama dengan anggota keluarga, tanaman belimbing yang sudah ditanam telah mencapai 2000 batang. Hasil panen tanaman belimbing, saat ini dijual di rumah dan di jual di pasar simpang pematang dengan harga 10.000,-/kg.

“beberapa jenis belimbing yang kami tanam saat ini adalah JM, bangkok Filipin, dan bangkok merah. Saya senang menanam belimbing ini karena tanaman belimbing bisa panen 5-6 kali peratahunnya, selain itu tanaman belimbing sangat mudah dalam perawatannya.” Ujar Malik saat diwawancarai.

Bapak Malik menyampaikan bahwa kendala utama yang dihadapi dalam budidaya adalah masalah ketersediaan air disaat musim kemarau. “tanaman belimbing disaat musim kemarau, butuh penyiraman 3 – 4  hari sekali”, jelasnya.

“Kami sangat mengharapkan perhatian pemerintah, terutama masalah bantuan sumur bor untuk mendukung usaha budidaya belimbing di tempat kami”. Ujar Malik saat mengakhiri wawancara.

Kontributor: Muaddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here