Petani Tembakau Mesuji Mendapat Bantuan Sarana Produksi Pertanian

0
11
views
Sosialisasi Tembakau Di BP3K Simpang Pematang

Sosialisasi Tembakau Di BP3K Simpang PematangPetani tembakau di Kabupaten Mesuji boleh berbangga hati karena mendapatkan keberpihakan dari Dinas terkait dalam hal ini Dinas Kehutanan Dan Perkebunan Kabupaten Mesuji dengan mendapatkan bantuan berupa benih/bibit, pupuk obat-obatan dan sarana produksi lainnya jika dibandingkan dengan petani tembakau didaerahnya. . Hal ini diungkapkan pada acara sosialisasi budidaya tembakau oleh Ir. Martono Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Kabupaten Klaten Jawa Tengah.

Acara yang dibuka oleh Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Mesuji, Murni,S.P,M.H dan dihadiri oleh Ir. Eliana Kabid Binus Dinas Perkebunan Provinsi Lampung, Kepala BP4K Kab. Mesuji yang diwakili oleh Sekretaris Badan Ibnu Eko S.SP beserta staf, Ketua APTI Kab. Klaten dan Suryana Ketua APTI Kab. Sumedang, Pimp. BP3K Kec. Sp.Pematang dan Panca Jaya serta PPL, Pamong desa dan petani tembakau se-Kab. Mesuji pada tanggal 7 Mei 2015, di Aula BP3K Kec. Simpang Pematang, dalam sambutannya Kepala Dinas memberikan semangat kepada petani untuk terus meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan untuk memparbaiki produktifitas, mutu dan kualitas tembakau.

Kegiatan ini terlaksana dari perolehan Dana Bagi Hasil Cukai dan Tembakau (DBHCT) yang bersumber dari Kementerian Keuangan yang dialokasikan ke Kab. Mesuji melalui dinas terkait.

Peserta Sosialiasi Tembakau Kabupaten MesujiDalam pemaparan materi yang disampaikan tentang budidaya tembakau antara lain persiapan lahan, pembuatan bedengan persemaian, penanaman, pendangiran, perawatan, pengendalian OPT, dan pemupukan serta panen dan pasca panen. Peluang pasar tembakau masih terbuka lebar seperti PT. Gudang Garam dan PT. Jarum serta pemasaran antar daerah. Untuk itu perlu kerjasama antar semua pihak untuk meningkatkan produksi dan penambahan devisa negara dari sektor cukai tembakau. Karena menurut Ir. Eliana Kabid Binus Disbun Prov. Lampung Setiap satu batang rokok yang kita hisap menyumbangkan cukai tembakau +/-Rp.300,- . Bisa dibayangkan berapa besarnya dana tersebut dan harus dikembalikan lagi kepada petani guna meningkatkan kuantitas dan kualitas tembakau.(Tri/SP)