Profil BP3K Kecamatan Simpang Pematang

0
103
views
BP3K Simpang Pematang

Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Simpang Pematang berlokasi di Jl.Z.A. Pagar Alam No.3 Desa Simpang Mesuji Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji.  Secara Administratif Kecamatan Simpang Pematang Berbatasan dengan :

  • Sebelah timur dengan Kecamatan Panca Jaya
  • Sebelah barat dengan Provinsi Sumatera Selatan
  • Sebelah utara dengan Provinsi Sumatera Selatan
  • Sebelah selatan dengan Kabupaten Tulang Bawang

Wilayah kerja Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Simpang Pematang memiliki 9 Desa induk dan 4 Desa pemekaran, yaitu : Desa Simpang Pematang, Desa Budi Aji, Desa Margo Rahayu, Desa Harapan Jaya, Desa Jaya Sakti, Desa Wir Bangun, Desa Bangun Mulyo, Desa Rejo Binangun, Desa Agung Batin, Desa Simpang Mesuji (pemekaran Desa Simpang Pematang), Desa Aji Jaya (pemekaran Desa Budi Aji), Desa Margo Makmur (pemekaran Desa Margo Rahayu), dan Desa Mulya Agung (pemekaran Desa Agung Batin).

Luas wilayah Kecamatan Simpang Pematang 13.763 ha dengan ketinggian 40 m dpl dengan topografi wilayahnya datar bergelombang.  Jumlah Penduduk di Kecamatan Simpang Pematang 23.062 jiwa, jumlah KK 6.675, jumlah KK Tani 1.050.  Jenis tanah di Kecamatan Simpang Pematang adalah Podsolid Merah Kuning dengan pH tanah berkisar antara 4-8, kemiringan tanah 3-5%, rata-rata curah hujan harian 211,87 mm, dan suhu rata-rata harian berkisar antara 28-33° C.

Visi dari Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Simpang Pematang yaitu “Terwujudnya Sumberdaya Manusia Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan yang Tangguh, Mandiri, dan Sejahtera“.  Kegiatan pertanian di Kecamatan Simpang Pematang meliputi sub sektor Tanaman Pangan (858 ha), Perkebunan (5.940 ha), Perikanan (38,5 ha), dan Peternakan.  Berdasarkan hasil restrukturisasi kelembagaan petani di Kecamatan Simpang Pematang diperoleh data jumlah Gapoktan yang ada di Kecamatan Simpang Pematang sebanyak 12 Gapoktan, Kelompok Tani sebanyak 159 kelompok, jumlah anggota kelompok tani sebanyak 3.928 jiwa, Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) 31 kelompok, kelompok tani peternak 2 kelompok, dan Kelompok Wanita Tani (KWT) 44 kelompok.  Sedangkan jumlah ketenagaan Penyuluh di Kecamatan Simpang Pematang terdapat 7 orang Penyuluh PNS, 4 orang Penyuluh THL-TBPP, dan 1 orang Penyuluh Swadaya.

Adapun tujuan Programa BP3K Kecamatan Simpang Pematang adalah :

  1. Mengetahui tingkat efektifitas pemilihan metode penyuluhan pertanian terhadap hasil yang ditetapkan sehingga dapat dijadikan pedoman dalam menentukan metode penyuluhan yang efektif dan efisien dalam membantu mengatasi permasalahan yang timbul di tingkat petani.
  2. Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap petani sehingga diharapkan petani memiliki keterampilan dalam menyerap inovasi, mampu meningktkan produktivitas usaha taninya sekaligus pendapatannya serta mampu menghadapi resiko usaha dan memiliki kemandirian dalam menghadapi pihak-pihak lain dalam dunia usaha.

(Fitriyana, S.P.)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here