Profil BP3K Tanjung Raya

0
101
views
BP3K Tanjung Raya

Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Tanjung Raya berdiri Tahun1990, Berawal dengan nama BPP Mesuji 2 kabupaten Lampung Utara, setelah pemecahan pada tahun 1999 berubah menjadi BPP kecamatan Tanjung Raya kabupaten Tulang Bawang, dan pada pemecahan kecamatan tahun 2009 menjadi BP3K kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji yang sekarang berlokasi di Rk 01 / Rt 05 desa Gedung Ram Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji. Kecamatan Tanjung Raya terdapat 21 Desa yang terdiri dari delapan belas Desa Translok dan 3 Desa Asli.

  • Secara administratif Kecamatan Tanjung Raya berbatasan dengan:
  • Sebelah Utara berbatasan dengan Propinsi Sumatera Selatan
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Hutan Register 45
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Panca Jaya
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Mesuji

Wilayah kerja Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Tanjung Raya memiliki 21desa, yaitu: Desa Bangun Jaya, Desa Harapan Mukti, Desa Mukti Jaya, Desa Tanjung Sari, Desa Gedung Ram, Desa Gedung Mulya, Desa Bujung Buring, Desa Bujung Buring Baru, Desa Kagungan Dalam, Desa Muara Tenang, Desa Muara Tenang Timur, Desa Sri Tanjung, Desa Tanjung Harapan, Desa Brabasan, Desa Berasan Makmur, Desa Trikarya Mulya, Desa Sinar Laga, Desa Wira Jaya, Desa Sriwijaya, Desa Mekar Sari, Desa Mekar Jaya.

Luas wilayah Kecamatan Tanjung Raya 48.889 Ha /488.869 Km2. Jumlah penduduk 11.134 KK, dengan  jumlah penduduk seluruhnya  37.769 Jiwa. memiliki tingkat kepadatan penduduk 68 jiwa/Km2. Berdasarkan keadaan topografi, sekitar 60% adalah daerah dataran dan 40% adalah daerah

bergelombang sampai berbukit dengan ketinggian tempat 30 M diatas permukaan air laut. Sebagian besar tanah adalah jenis tanah Grumusol dengan PH berkisar 4,5-6 dan suhu harian rata-rata 28-33 oC. Dengan curah hujan rata-rata 5th adalah 2.337mm, dan memiliki ±79 hari Hujan Pertahun.

Sumber mata pencaharian masyarakat utama adalah dari sektor pertanian yaitu sekitar 62,5% tanaman perkebunan. Komoditas pekebunan unggulan adalah karet dan sawit. Sekitar 13% adalah sektor tanaman pangan dan 24 % adalah sektor peternakan, perikanan, pemukiman dan fasilitas umum.

Berdasarkan hasil restrukturisasi Kelembagaan pelaku utama petani tahun 2014 di Kecamatan Tanjung Raya terdapat 21 Gapoktan, 249 Kelompok Tani, 13 KWT, 14 Pokdakan. Sedangkan, jumlah ketenagaan penyuluhan pertanian yang ada di Kecamatan Tanjung Raya terdapat 9 Penyuluh PNS, 2 Penyuluh THL TBPP dan 1 Petugas operator komputer.

Adapun Tujuan Program BP3K Kecamatan Tanjung Raya adalah:

  1. Memberikan arah dan sebagai alat pemecahan masalah dan pedoman dalam melaksanakan kegiatan penyuluhan.
  2. Meningkatkan pengetahuan petani dalam menerapkan teknologi untuk meningkatkan produksi pertanian.
  3. Meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan petani dalam proses pengambilan keputusan demi meraih peluang usaha taninya.
  4. Meningkatkan kinerja kelompok tani sehingga kelompok tani dapat berfungsi sebagai unit
  5. produksi, tempat belajar, bertukar informasi yang bermanfaat,dan bekerja sama.
  6. Meningkatkan peran dan fungsi penyuluhan bagi petani, menuju system usaha tani yang saling membutuhkan dan saling memperkuat.
  7. Meningkatkan kinerja penyuluh untuk menyampaikan informasi penyuluhan di bidang pertanian yang bermanfaat bagi petani.
  8. Memadukan aspek pengkajian, aspek informasi, aspek komunikasi, dan pelayanan untuk meningkatkan kegiatan penyuluhan yang efektif dan efisien. (musa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here