Program P2KP Desa Gedung Boga Kecamatan Way Serdang

0
35
views
Program P2KP Desa Gedung Boga

Tahun 2015 Desa Gedung Boga Kecamatan Way Serdang menerima bantuan Program Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) melalui Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Mesuji. Kegiatan program P2KP di Desa Gedung Boga dilaksanakan di KWT Mawar Merah. Realisasi program P2KP seharus dilaksanakan pada bulan Juni 2015, namun pada bulan tersebut masih terkendala dengan musim kemarau sehingga pada awal desember program tersebut mulai terealisasi.

KWT Mawar Merah Laksanakan Program P2KPKegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh KWT Mawar Merah melalui program P2KP diantaranya: (1) Pemanfaatan pekarangan dengan menanam berbagai jenis sayur-sayuran, aneka umbi dan buah-buahan; (2) Pembuatan Kebun Bibit Desa; dan (3) Budidaya ternak serta budidaya perikanan. Kegiatan Pemanfaatan pekarangan dengan tanaman sayur-sayuran dilaksanakan oleh ibu ibu rumah tangga yang memilki lokasi pekarangan yang saling berdekatan, sehingga dapat membentuk semacam kawasan rumah pangan lestari (KRPL).

Pelaksanaan Program P2KP mengacu pada Permentan No. 18 Tahun 2015 Tentang Pedoman Gerakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Tahun 2015. Program P2KP di Desa Gedung Boga diharapkan dapat meningkatkan ketersediaan pangan baik dari sisi kualitas maupun kuantitas di tingkat rumah tangga maupun individu, sehingga dapat mewujudkan ketahanan pangan menuju kemandirian pangan dan kedaulatan pangan. (Junaidi/ WS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here