Prospek Pengembangan Komoditas Jagung di Desa Tirta Laga

0
67
views

Tanaman jagung merupakan salah satu komoditas tanaman pangan yang cukup diminati oleh masyarakat Tirtalaga. Sudah menjadi kebiasaan petani disaat musim gadu untuk menanam jagung, hal ini disebabkan untuk dapat menanam padi kembali pada saat musim gadu tiba, para petani terkendala dengan masalah air, pada saat tersebut lahan-lahan yang biasanya ditanami padi tidak dapat ditanami karena air yang bersumber dari saluran tersier tidak memadai. Walaupun dipaksakan untuk tanam, petani harus mengeluarkan biaya tambahan untuk sewa alat bahkan membeli mesin untuk memasukkan air ke lahan.

Lahan pertanian di Desa Tirtalaga merupakan lahan pasang surut dengan ketinggian tempat 3 meter diatas permukaan air laut. Tekstur tanah pada lahan tersebut, apabila terkena air akan cepat menyerap air dan bila panas akan cepat mengering/melepas air. Penataan lahan dan tatakelola air yang baik menjadi sangat penting untuk menjamin keberlangsungan usaha pertanian dilahan pasang surut.

Tahun 2018, Desa Tirtalaga mendapatkan bantuan benih jagung dari kementerian pertanian melalui dinas terkait seluas 310 Ha. Varietas jagung yang dibantu adalah BIMA-15 dan BIMA-19, namun setelah ditanam oleh petani pertumbuhan jagung tidak sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini, dimungkin bahwa benih BIMA tersebut kurang adaptif terhadap keadaan tanah yang ada di desa Tirtalaga.

Mbah Sunardi, seorang petani Desa Tirtalaga menjelaskan keberhasilan tanaman jagung salah satunya ditentukan oleh kualitas benih yang digunakan dan dia lebih memilih menanam varietas BISI-18 yang diyakininya mampu beradaptasi dengan lahan pasang surut. “Alhamdulillah panen jagung ini dalam 1 ha, saya mendapatkan 108 karung” ujar mbah Sunardi saat ditanya PPL setempat pada (selasa, 5/11/2018). Bila dikonversi produksi tanaman jagung tersebut sebanyak 4,2 ton per hektar jagung kering panen. Mbah sunardi berharap kepada pemerintah untuk terus adanya pembinaan dan benih jagung yang dibantukan merupakan varietas benih yang sesuai untuk lahan pasang surut. (Din/msj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here